Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Dalam rangka mendorong peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Aceh Barat, Bupati Ramli MS meresmikan Kelas Digital Madrasah Program Kementerian Agama Aceh, yang dilaksanakan di halaman MTSs Harapan Bangsa Meulaboh.

Program kelas digital madrasah ini, merupakan program perdana yang diterapkan di kabupaten aceh barat melalui kerjasama dan kolaborasi dengan Platform E-Learning Jelajah Ilmu. Untuk mendukung pelaksanaan belajar digital di lingkungan madrasah.

Untuk tahap pertama kelas digital ini di bentuk di dua madrasah, yakni di Madrasah Tsanawiyah Swasta atau MTSs Harapan Bangsa Meulaboh dan  Madrasah Aliyah Negeri atau MAN 1 Aceh Barat.

Kelas digital jelajah ilmu tersebut, merupakan kelas yang proses pembelajarannya menggunakan sistem digital dan perangkat elektronik seperti tablet dan laptop. Dengan adanya kelas digital ini para siswa tidak perlu lagi untuk membawa buku tulis ke sekolah. Namun cukup dengan membawa perangkat elektronik tablet atau laptop yang dimiliki.

Sementara itu Kapala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Dr Iqbal Muhammad mengatakan,  kelas digital ini merupakan perogram prioritas dari Kementerian Agama untuk transformasi digital dalam proses belajar mengajar. Sampai saat ini di Provinsi Aceh ada sebanyak 12 madrasah di lima kabupaten yang sudah memiliki kelas digital dan kedepannya akan terus bertambah.

“Program jelajah ilmu yang mempermudah dalam pembelajaran, semua mata pelajaran akan tersedia. Anak anak akan belajar di kelas akan tetapi guru tersebut mengajarkan dengan perangkat elektronik, jadi tidak lagi menulis di papan tulis” Ujar  Dr H Iqbal Muhammad, Kepala Kanwil Kemenag Aceh.

Bupati Aceh Barat, Ramli MS mengatakan. Pemda Aceh Barat sangat mendukung adanya kelas digital ini, selain untuk meningkatkan ilmu bagi siswa kelas digital ini juga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Aceh Barat.

“Pertama sekali untuk peningkatan ilmu anak-anak, mereka bisa menguasai dunia IT dan digitalisasi. Dengan ini anak-anak tidak akan ketinggalan zaman, serta bisa berkompetisi di tingkat nasional dan internasional” Kata Ramli MS, Bupati Aceh Barat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments