Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Sosialisasi tentang perbelanjaan barang dan jasa di berbagai UMKM dan koperasi di daerah terus dilakukan. Setelah keluarnya instruksi presiden, agar pengadaan barang dan jasa dapat diperoleh dari dalam negeri dengan membeli produk dari UMKM dan koperasi, via e-katalog.

Saat ini Aceh menduduki peringkat kedua dengan pembelanjaan melalui E-Katalog setelah DKI Jakarta. Hal tersebut berlaku setelah Pemerintah Aceh mengeluarkan instruksi sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Kepala bagian layanan pengadaan barang dan jasa (LPSE) Provinsi Aceh, M. Nur Rifatuddin, saat menghadiri kegiatan sosialisasi solusi cepat proses E-Purchasing, yang digelar oleh PT. Airmas perkasa, di Banda Aceh mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi RI juga sudah mengeluarkan surat edaran nomor 14 tahun 2022. Hal ini dilakukan untuk pencegahan terjadinya korupsi terhadap pengadaan barang dan jasa, agar penggunaan E-Katalog bisa lebih optimal.

Pemerintah Aceh menginstruksikan agar seluruh perangkat daerah dan SKPA untuk membelanjakan produk barang dan jasa yang sudah tersedia di E-Katalog lokal. saat ini yang sudah melakukan pembelanjaan di E-Katalog yakni pemerintah Kota Sabang, Pemkab Aceh Besar, dan Universitas Syiah Kuala. selain itu, dinas dari Jakarta Utara juga ikut berbelanja produk Lokal Aceh yang ada di E-Katalog Provinsi Aceh.

Hingga kini Pemerintah Aceh sudah melakukan transaksi dengan berbelanja di e-katalog mencapai angka sebesar 723 miliar rupiah.

E-Katalog sendiri berada di bawah lembaga kebijakan penyediaan barang dan jasa pemerintah (LKPP) daerah, yang mengelola sendiri katalog lokal. Selain itu, terkait jaringan internet di daerah, akan ada perbaikan nantinya.

“Melalui surat edaran tanggal 19 September telah memerintahkan perangkat daerah membelanjakan belanja produk barang dan jasa yang sudah tersedia di katalog. Pemerintah Aceh sampai dengan tanggal 25 Oktober 2022 telah transaksi sebesar 723 miliar” Ujar M. Nur Rifatuddin, Kabag LPSE Provinsi Aceh.

meski transaksi di Aceh sudah mencapai angka miliaran, namun antusias para SKPA di Aceh sangat tinggi. terlihat saat mereka menghadiri undangan sosialisasi solusi cepat proses E-Purchasing yang diadakan oleh PT. Airmas perkasa.

General Manager Pt. Airmas Perkasa, Johan Bukhari mengatakan, pada sosialisasi kali ini pihaknya menggandeng beberapa produk yang berhubungan langsung dengan E-Katalog seperti Samsung, Panasonic dan lain-lain.

“tamu undangan pada umumnya dari dinas lembaga yang ada di Aceh. Saat kegiatan ini antusias dari peserta sangat baik. Tadi Kita sosialisasi produk” Kata Johan Bukhari, General Manager PT. Airmas Perkasa.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, pemahaman dan minat belanja di E-Katalog bisa terus mengalami peningkatan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments