Bireuen – Pujatvaceh.com – Pengungsi rohingya yang ditampung di gedung serbaguna kecamatan Jangka, kabupaten Bireuen, direlokasi ke penampungan baru di Kota Pekanbaru, provinsi Riau, Selasa, 17 Mei 2022, malam kemarin.

Pemindahan dilakukan menggunakan 3 armada bus melalui jalur darat ke kota Medan, selanjutnya menggunakan pesawat menuju ke Pekanbaru, pemindahan mereka ini di kawal oleh pihak keamanan.

Sebelum pengungsi rohingya dipindahkan, mereka diberikan pengarahan dan persiapan, seperti persediaan makanan dan minuman yang akan mereka bawa selama dalam perjalanan dan mereka yang diberangkatkan dipakaikan baju orange berlogo IOM agar mereka tidak terpisah saat tiba di bandara dan mudah untuk dilakukan pengawalan oleh pihak terkait.

Ratusan warga kecamatan Jangka yang selama ini membantu pengungsi rohingya sejak dua bulan yang lalu berdatangan melihat pemindahan pengungsi rohingya.

Koordinator DCR Unit IOM, Sonya Safitri Walenta mengatakan, pengungsi diberangkatkan sebanyak 55 orang pada tahap pertama, sisa 44 orang lagi akan diberangkatkan pada Rabu malam 18 Mei 2022, malam ini berangkat 55 orang, terdiri dari laki-laki dan perempuan, sudah termasuk anak-anak, sementara 44 orang yang sisa semuanya laki-laki diberangkatkan malam besok.

“Yang tersisa saat ini sebanyak 99 orang, untuk yang pertama rutenya dari sini perjalanan darat ke Medan kemudian dilanjutkan naik pesawat menuju Pekanbaru. Mereka akan ditempatkan di tempat akomodasi yang sudah disiapkan oleh IOM, karena kita sudah menampung beberapa ratus pengungsi yang berada dibawah penanganan IOM di Pekanbaru“ kata Sonya Syafitri Walenta, Koordinator DCR Unit IOM.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments