LangsaPujatvaceh.com – Hujan deras yang menimbulkan banjir serta longsor di beberapa daerah di Aceh, termasuk Kota Langsa, mengakibatkan setengah bagian belakang dari 3 unit rumah warga di Dusun Pahlawan, Gampong Baro/ Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa amblas ke sungai. Akhirnya, satu kepala keluarga terpaksa mengungsi dan satu kepala keluarga lainnya masih tetap bertahan dirumahnya.

Longsor terjadi seiring intensitas hujan yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan sungai meluap, dan mengikis bantaran sungai hingga merusak rumah warga. 3 rumah warga yang rusak parah, yakni rumah milik Mardiah, Kadijah dan Kamsiah yang amblas pada bagian belakang rumah.

Salah satu korban longsor, Mardiah mengatakan longsor terjadi ketika hujan deras melanda Kota Langsa beberapa hari lalu, yang mengakibatkan rumahnya amblas ke sungai.

“Air datang seperti air bah, jadi rumah utama ini sempat dibongkar oleh tetangga diselamatkan kayu-kayunya”. Ujar Ainun Mardiah,Korban.

Saat ini korban yang rumahnya amblas, telah mengungsi ke tenda darurat yang dibangun oleh pemerintah Kota Langsa dan dinas terkait. Sekretaris BPBD Kota Langsa Rizha Pati mengatakan, BPBD dan dinas terkait akan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat, serta dengan para korban terkait relokasi yang akan dilakukan.

 “Kami telah berkoordinasi antara intansi terkait disepakati bahwa rencananya sembilan rumah yang terancam abrasi di daerah tersebut akan kita relokasi ke kampung lainnya, namun kami perlu melakukan musyawarah lagi dengan masyarakat setempat dan perangkat desa untuk mengambil langkah-langkah yang terbaik, namun demikian untuk sementara ini bagi warga yang tiga rumah yang sudah rusak dan tidak bisa ditempati lagi rencananya akan kita berikan penampungan sementara”.  Kata Rizha Pati, Sekretaris BPBD Kota Langsa.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments