Aceh Utara – Pujatvaceh.com – Intensitas hujan tinggi hingga menyebabkan banjir kian meluas ke sejumlah desa di Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, pada Minggu pagi. Akibatnya ratusan masyarakat mulai mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Salah satu desa terparah yang terdampak banjir yakni desa Meunasah Jok, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, dengan ketinggian air mencapai satu meter lebih. Akibatnya, ratusan warga di desa tersebut terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman, seperti di tempat ibadah.

Para korban banjir ini mulai kekurangan logistik, seperti makanan pokok hingga obat-obatan, serta beberapa pengungsi mulai terserang penyakit.

Zulfitri, salah seorang pengungsi mengaku, dirinya terpaksa mengunggsi lantaran ketinggian air di rumahnya mencapai satu meter lebih. Menurutnya, para pengungsi belum berani pulang ke rumah mengingat kawasan mereka masih duguyur hujan serta kondisi cuaca yang tidak menentu.

 “Ketinggian air sudah mencapai 2 meter setengah didalam rumah, namun di luar sekitar 1,5 meter. Untuk kemungkinan surutnya belum pasti, karena hingga saat ini cuaca masih mendung“ ungkap Zulfitri, Korban Banjir.

Sementara itu menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, diperkirakan dari seluruh kawasan terdampak banjir jumlah pengungsi bisa mencapai seribuan jiwa. Selain itu, para pengungsi saat ini mulai membutuhkan bantuan logistik seperti makanan pokok hingga pengecekan kesehatan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments