Pidie Jaya – Pujatvaceh.com – Peternak sapi di Pidie Jaya mulai khawatir wabah PMK akan terus tertular pada ternak mereka. Untuk itu, mereka ramai-ramai melakukan penyuntikan pada sapi mereka dengan vitamin dan antibiotik. Seperti di Desa Sarah Mane, Jeulanga, Alue Mee dan beberapa desa lainnya yang melakukan penyuntikan dengan menghadirkan mantri hewan ke kandang sapi mereka.

Khusus di Desa Sarah Mane, ada lebih dari 20 ekor sapi yang disuntik, 1 ekor telah positif terjangkit PMK, sedangkan yang lainnya masih dalam gejala. Sapi yang terjangkit PMK kondisinya lemas serta mengeluarkan air liur yang berbusa.

“Ini suntik mencegah penyakit lembu saya bayar dan harganya tergantung dari mantrinya, hari ini yang disuntik ada 10 ekor dan saya lakukan untuk pencegahan terjangkit PMK,” tutur Nurdin.

Sementara itu, Nadir salah seorang petugas kesehatan ternak mengatakan, bahwa ia melakukan penyuntikan kepada hewan ternak sebagai upaya penyembuhan dari Penyakit Mulut dan Kuku. Ia juga menyebutkan untuk saat ini ia hanya menyuntikkan berupa vitamin dan antibiotik.

“Ini mau mengobati karena sudah tertular, jadi sementara di suntik vitamin,” tutur Nadir.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments