Foto : Aksi Solidaritas Jurnalis Lhokseumawe dan Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – PUJATVACEH.COM – Sejumlah jurnalis yang bertugas di wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara, melakukan aksi solidaritas di Taman Riyadhah, Kota Lhokseumawe, Kamis (7/4) siang.

Peserta aksi berasal dari berbagai organisasi profesi jurnalis, seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Persatuan Wartawan Aceh, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, serta mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi atau LMND.

Dalam aksi tersebut, para peserta membawa berbagai macam alat peraga, yang berisi kritikan untuk menghentikan berbagai bentuk kekerasan terhadap jurnalis, sambil melakukan orasi secara bergantian.

Dalam orasinya, mereka mendesak kapolri agar mengusut tuntas kasus dugaan kekerasan terhadap Wartawan Tempo, Nurhadi, di Surabaya, oleh aparat yang diduga oknum Kepolisian dan TNI.

Koordinator aksi, zaki mubarak menyebutkan, pihaknya meminta agar semua pihak, termasuk penegak hukum untuk menghormati kinerja jurnalis yang dilindungi oleh undang-undang.

“Kita ingin semua pihak menghormati kinerja jurnalis yang juga dilindugi oleh undang – undang,” sebut Zaki, koordinator aksi.

Menurut mereka, kasus dugaan kekerasan yang dialami Nurhadi saat melakukan peliputan kasus suap pajak ini, menambah panjang daftar kasus kekerasan terhadap jurnalis. Hal ini membuktikan bahwa perlindungan terhadap kinerja pers masih sangat rendah dan lemah.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments