Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Menjelang pemilihan umum tahun 2024 mendatang, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat terus melakukan berbagai persiapan. Mulai dari sosialisasi pemilu, hingga perekrutan anggota Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan (PPK).

Pendaftaran calon badan ad hoc panitia pemilihan kecamatan yang dibuka sejak tanggal 20-29 November 2022 ini berbeda dengan pemilu sebelumnya, sebab untuk perekrutan anggota PPK saat ini dibuka secara online melalui aplikasi Siakba KPU.

Menjelang hari terakhir perekrutan sudah mencapai 986 orang yang mendaftar secara online, yakni laki-laki 498 orang dan perempuan 341 orang. Sedangkan yang sudah mengembalikan berkas pendaftaran sebanyak 267 orang.

Untuk kebutuhan calon badan ad hoc PPK di Kabupaten Aceh Barat yaitu sebanyak 60 orang yang terdiri dari 5 orang di setiap kecamatan yang tersebar di 12 kecamatan. Antusias warga yang akan mendaftar sebagai calon PPK diperkirakan akan terus bertambah pada hari terakhir perekrutan yang akan ditutup pada tangal 29 November pukul 00.00 WIB.

Salah satu komisioner KIP, Saiful Asra mengatakan, pembentukan PPK dan PPS merupakan amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang harus dilaksanakan untuk menciptakan pemilu yang partisipatif. Untuk perekrutan panitia pemungutan suara tingkat desa akan dilaksanakan pada tanggal 18-27 Desember 2022 mendatang.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang sudah mendaftar online melalui akun Siakba untuk segera dapat melengkapi berkas dan mengembalikan berkas ke kantor KIP karena waktu yang ditentukan hanya sekitar 2 hari lagi dengan hari ini,” ucap Saiful.

Selain itu, KIP Aceh Barat juga berharap bagi anggota PPK yang terpilih nantinya merupakan orang yang mempunyai dedikasi tinggi, profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas PPK di semua tahapan Pemilu 2024 yang akan datang.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments