Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Kejaksaan tinggi (Kejati) Aceh berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Aceh, melakukan penyeleksian Duta Pelajar Sadar Hukum Tahun 2022. Setiap kabupaten/kota yang ada di Aceh mengutus sebanyak dua pelajar dari sekolah tingkat atas, yakni SMA dan SMK.

Sebelum bersaing di tingkat provinsi, pelajar sadar hukum ini sudah terlebih dahulu mengikuti program yang digalakkan oleh Kejati Aceh yaitu program Jaksa Masuk Sekolah.

Kepala Sub Koordinator Program Informasi dan Hubungan Masyarakat, Dinas Pendidikan Aceh, Bahrul Walidin mengatakan, seleksi duta pelajar sadar hukum ini berawal dari program Jaksa Masuk Sekolah.

Kemudian pihak sekolah di kabupaten bekerjasama dengan kejari setempat melakukan penyeleksian ditingkatan kabupaten/kota, hasil seleksi di kabupaten kemudian dihadirkan ke provinsi dan dilakukan penyeleksian kembali, disini para utusan dari kabupaten bersaing dengan semua utusan dari 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh.

“Sebagai pemahaman hukum kepada siswa-siswa kita karena itu merupakan suatu kegiatan yang menurut kami sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada siswa terkait dengan dasar-dasar, norma-norma hukum di mana setelah program jaksa masuk sekolah itu nanti pihak kabupaten/kota akan melakukan seleksi duta sadar hukum kabupaten/kota, hasil seleksi tersebut yang sudah hadir di sini di hari ini untuk mengikuti seleksi duta sadar hukum tingkat provinsi. Dari perwakilan 23 kabupaten/kota insya Allah hadir semua, kita menghadirkan dua orang putra dan putri dari setiap kabupaten/kota dari siswanya dan ada pendamping dari masing-masing ada yang dari cabang dinas pendidikan dan ada juga dari sekolah“ kata Bahrul Walidin, Ka. Sub Koordinator Program Informasi dan Humas Disdik Aceh.

Plh Kasie Penkum Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis menerangkan, pemilihan duta pelajar sadar hukum tingkat provinsi Aceh ini merupakan lanjutan dari pemilihan duta pelajar sadar hukum ditingkat kabupaten/kota.

Mereka yang diutus ke tingkat provinsi merupakan pelajar yang sebelumnya telah mengikuti berbagai seleksi di sekolah masing-masing melalui program Jaksa Masuk Sekolah. Harapannya, duta pelajar ini nantinya bisa menjadi pelopor kesadaran hukum di lingkungan masyarakat dan sekolah, serta mendorong kesadaran hukum bagi siswa-siswi.

“Mereka yang terpilih hari ini untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi adalah mereka yang sudah terpilih seleksi dari tingkat kabupaten jadi sebelumnya kita sudah memberikan program jaksa masuk sekolah dengan memberikan materi-materi hukum kepada siswa-siswa yang terpilih hari ini, jadi ini merupakan rangkaian dari semua kegiatan jaksa masuk sekolah dan puncaknya hari ini akan dilaksanakan seleksi di tingkat provinsi. Mereka yang terpilih adalah mereka yang terbaik diantara yang terbaik dan mereka yang terbaik ini nantinya pada pembukaan Expo hari Kamis nanti akan diselendangkan duta pelajar Aceh oleh pimpinan Kajati Aceh beserta Kadis Pendidikan Aceh “ ujar Ali Rasab Lubis, Plh Kasie Penkum Kejati Aceh.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments