Langa – Pujatvaceh.com – Aksi demo jilid II yang berlangsung di depan Gedung Bea Cukai Langsa yang dilakukan oleh puluhan massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Elemen Sipil Menggugat (AESM) rusuh, nyaris ricuh.

Hal ini disebabkan lantaran pendemo membakar ban bekas dipekarangan kantor, lalu langsung dipadamkan oleh aparat keamanan dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan water canon, ini memicu perselisihan antara pendemo dan pihak keamanan.

Dalam unjuk rasa tersebut, mereka mengecam dugaan adanya tangkap lepas pelaku sindikat rokok ilegal yang kini rokok tersebut (rokok luar negeri) beredar luas di Kota Langsa.

Koordinator lapangan, Said Zahirsyah, menyampaikan beberapa tuntutan, yakni, pertama, Kepala Bea Cukai Langsa harus mengundurkan diri karena sudah tidak bisa bekerja dengan baik dan benar sesuai dengan tupoksinya. Kedua, copot semua pejabat nakal yang ada di Kantor Bea Cukai Langsa. Ketiga, usut tuntas semua kasus yang ada di Kantor Bea Cukai Langsa sampai ke Pengadilan.

Terakhir, jika tuntutan mereka tidak diindahkan dalam waktu 2×24 jam, maka Aliansi Elemen Sipil Menggugat akan turun aksi dengan jumlah masa yang lebih besar. Serta akan melaporkan secara tertulis semua pelanggaran diatas kepada Presiden RI, Menko Polhukam, Menteri Keuangan, dan Dirjen Bea Cukai.

“Dengan beliau memang tidak menjawab secara konkrit lari dari subtansi yang ada, dia tidak mau menjawab dan membuat komitmen bagaimana kasus yang sudah ditangani yang sudah dilakukan lepas tangkap, kemudian kawan-kawan media juga melihat dia coba mengalihkan isu itu menceritakan kedepan tentu akan kedepan kenapa berpikir kedepan, karena ini sudah kita ungkap maka dia berjanji akan memperbaiki kedepan,tapi kita minta yang lalu juga diungkap karena pelakunya kita yakini itu-itu juga orangnya” tutur Said Zahirsyah, Koordinator Lapangan.

Sementara itu Kepala Bea Cukai Langsa, Sulaiman, berjanji pihaknya akan menindak tegas baik secara administrasi maupun secara hukum terhadap pegawai Bea Cukai yang terbukti melindungi para cukong. Sedangkan tudingan yang dialamatkan kepadanya tentang tangkap lepas pelaku rokok ilegal di Bea Cukai Langsa, itu tidak benar adanya.

Sulaiman juga menjelaskan, apabila ada penangkapan terhadap cukong rokok illegal, pihaknya tentu berkoordinasi dengan pihak penyidik dan pihak terkait. Pihaknya juga berkomitmen dan mengajak masyarakat jika ada menemukan cukong- cukong yang bersembunyi di Kota Langsa, mari bersama kita tangkap dan proses.

“Ketika kita melakukan penanganan perkara, pasti kita mempunyai standar operasional yang sudah kita tetapkan, bahkan ketika menetapkan sebuah putusan terkait sebuah penanganan perkara kan tidak sendiri, kita konsultasi dengan pihak pimpinan Kakanwil, bahkan dikantor pusat kita zoom bareng, kita bahas bareng, sepanjang nanti ketika memang tidak cukup bukti yang lengkap sehingga bisa kita sampaikan ke pihak penyidik dan tentu sudah tidak bisa kita lakukan” kata Sulaiman, Kepala Bea Cukai Langsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini