Foto : Pembangunan PLTA di Takengon

ACEH TENGAH – PUJATVACEH.COM – Pengerjaan proyek raksasa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan 1 dan 2 menghabiskan anggaran 5 triliun rupiah dari dana pinjaman luar negeri 80%, dan sisanya merupakan dana dari pemerintah. PLTA yang berkedudukan di Kabupaten Aceh Tengah ini pembangunannya terus dipacu dan akan mampu menyuplai listrik 88 mega watt, serta ditargetkan selesai pada tahun 2023 mendatang.

Untuk turbin air di power house 1 berada di kedalaman 100 meter lebih, di bawah permukaan tanah, dari jalan utama ke area turbin berjarak 1 Km dengan lebar terowongan kurang lebih 5 m. Di dalam terowongan, para pekerja   melakukan pekerjaan konstruksi untuk  mempersiapkan pondasi dudukan dua buah turbin yang akan menghasilkan 44 mega watt di lokasi power house pertama tersebut.

Terowongan yang panjangnya lebih 20 kilometer tersebut akan dibagi dalam 3 kategori, ada terowongan yang akan mengalirkan air yang bersumber dari danau laut tawar untuk menggerakkan turbin, ada juga terowongan untuk instalasi listrik dan terowongan untuk masuknya pekerja yang mengoperasikan pembangkit listrik tenaga air tersebut.

Menurut General Manager PT PLN   Unit Induk Wilayah Aceh Abdul Mukhlis, PLTA Peusangan sekilas tidak terlihat pembangunannya, karena berada di dalam terowongan. Namun proyek ini sudah cukup lama dikerjakan yaitu sejak tahun 1998, kemudian terhenti karena konflik Aceh. Gempa dahsyat dan tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004 juga membuat teknis pembangunan PLTA ini harus dikaji ulang karena terjadinya pergeseran tanah. Baru pada 2011 proses pembangunannya dilanjutkan Kembali.

“Kalau di lihat, memang kurang terlihat ya pembangunan PLTA Peusangan ini, karena kita membangunnya di dalam terowongan. Pembangunan sudah lama dan sempat terhenti karena konflik, bencana gempa dan tsunami juga menjadi penyebabnya.” Jelas Abdul Mukhlish meyebutkan sebab lamanya pengerjaan PLTA tersebut.

Keikutsertaan para jurnalis dari berbagai media seluruh aceh tentunya dapat memberikan informasi yang akurat terkait mengapa pembangunan proyek ini memakan banyak waktu dan dana.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments