Aceh Besar – Pujatvaceh.com – Arsip sangatlah penting, arsip juga merupakan tulang punggung bagi kehidupan masyarakat, khususnya Aceh yang memiliki banyak khazanah kearsipan yang lengkap dan kongkrit.

Hal tersebut diungkapkan oleh kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (Bast), Muhamad Ihwan, saat temu ramah dengan awak media dan sejumlah lembaga kearsipan yang ada di sekitar Banda Aceh dan pihak terkait lainnya, di Kantor Bast Aceh, Bakoy, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Jumat (17/6).

Ihwan juga mengatakan, kepada generasi muda, generasi awal maupun generasi yang akan datang diharapkan mau peduli dan berkunjung ke balai arsip, demi kemajuan dan pembangunan Aceh kedepan khususnya.

“Khususnya Aceh ini luar biasa, jadi memiliki khazanah kearsipan yang lengkap, komplit dan harus dilestarikan. Demikian juga dengan tidak hanya arsip statis tapi juga terkait dengan tsunami dan itu kaitannya dengan balai arsip statis dan tsunami yang memelihara dan arsip tentang rehabilitasi dan rekonstruksi semua generasi muda generasi awal maupun generasi yang akan datang harus peduli dan mau berkunjung ke balai arsip tsunami dalam rangka melihat kembali bagaimana suksesnya Indonesia membangun kembali Aceh kemudian itu menjadi pelajaran bagi kita semua” Kata Muhamad Ihwan, Kepala Bast Aceh.

Sementara itu, kepala bidang pengelolaan arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA), Zuhri mengatakan, saat ini pihaknya sedang memperbaiki tata cara dan pelatihan pelatihan tentang kearsipan terhadap SKPA di Aceh, agar arsip Aceh benar benar tersimpan dengan baik dan rapi.

“Kami di arsip provinsi sudah mulai bekerja mengejar arsip arsip yang ada di SKPA jadi sudah melakukan pendampingan ke seluruh SKPA Alhamdulillah hasilnya sudah mulai sadar dan SKPA sudah membuat bimtek” Ujar Zuhri,Kabid Pengelolaan Arsip DPKA.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments