Lhokseumawe – PUJATVACEH.COM – Seperti inilah kondisi terkini di Balai Latihan Kerja, Desa Meunasah Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, yang menjadi tempat pengungsian sementara ratusan imigran rohingya, yang terdampar pada 2020 lalu.

Jumlah imigran Rohingya yang ditempatkan disini, semakin berkurang setiap harinya, setelah Satuan Tugas Penanganan Rohingya Kota Lhokseumawe, menarik diri dari tempat pengungsian sementara tersebut.

Sejumlah ruang yang sebelumnya dihuni oleh ratusan wanita Rohingya dan anak-anak, saat ini tampak sepi. kondisi yang sama juga terlihat di halaman depan tempat pengungsian, hingga di ruangan laki-laki Rohingya.

Kepala Dinas Sosial Kota Lhokseumawe, Ridwan Jalil mengatakan, dari informasi yang di peroleh dari pihak Unhcr, hingga Jumat 15 januari 2021 kemarin, jumlah pengungsi yang tersisa hanya 130 orang. Padahal sebelumnya, pihak satgas penanganan rohingya Kota Lhokseumawe mencatat sekitar 352 pengungsi, sebelum diserahkan langsung kepada pihak UNHCR.

“Kepada  pihak UNHCR agar dapat melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat, terkait kondisi terkini di tempat pengungsian sementara dan dapat memberikan edukasi kepada petugas keamanan yang ditempatkan di tempat pengungsian, untuk menghindari  hal-hal yang tidak diinginkan” harapnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments