ACEH BARAT – PUJATVACEH.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat telah melakukan berbagai persiapan fasilitas medis dan tenaga vaksinator untuk pelaksanaan imunisasi vaksin sinovac.

Saat ini, sebanyak lima tenaga medis di setiap Puskesmas, Rumah Sakit Daerah, Rumah Sakit Swasta, Rumah Sakit Denkasyah IM-04-02 Meulaboh serta Klinik Dokes sedang menjalani pelatihan untuk menjadi petugas vaksinator Covid-19.

Sedangkan jumlah sasaran penerima dosis vaksin sinovac Covid-19 di Kabupaten Aceh Barat, Badan Pusat Statistik atau BPS telah mendata sebanyak 129.637 jiwa untuk penyuntikan vaksin dalam beberapa tahap.

Tahap pertama, penerima imunisasi vaksin sinovac merupakan tenaga kesehatan atau nakes selanjutnya akan dilakukan terhadap pejabat pemerintah dan unsur forkopimda serta TNI dan Polri

Untuk tahap ke tiga, sasaran vaksin akan ditujukan kepada tokoh agama, sedangkan yang terakhir proses vaksinasi akan dilakukan kepada masyarakat secara menyeluruh.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat, Syarifah Junaidah mengatakan, setiap imunisasi vaksin sinovac Covid-19 akan dimintai persetujuan penerima dan dilakukan proses pemeriksaan kesehatan terlibih dahulu, sehingga tidak adanya unsur paksaan bagi warga untuk dilakukan penyuntikan vaksin.

“Sementara kita mendengar adanya opini penolakan dari masyarakat Aceh Barat. Mungkin sebagiannya ada yang panik, karena melihat di medsos, ya medsos ini ada yang pro dan kontra, wajar saja masyarakat itu panik jika dilakukan vaksinasi. Untuk menghindari kepanikan tersebut, kita tidak memaksa masyarakat untuk melakukan vaksinasi” ujarnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments