Pemkab Pijay Pastikan Rumah Korban Gempa 2016 Selesai Dibangun di Penghujung Tahun

PIDIE JAYA – PUJATVACEH.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya pastikan pembangunan rumah korban gempa tahun 2016 silam akan selesai dibangun di penghujung tahun 2020.

Rehabilitasi dan Rekonstruksi rumah korban gempa Pidie Jaya hingga saat ini belum rampung dikerjakan oleh pemerintah kabupaten setempat. Namun kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pijay pastikan pengerjaan rehab rekon rumah korban gempa akan rampung pada desember 2020 mendatang.

Untuk diketahui, Pemkab Pijay membangun dua ribu empat ratus sembilan puluh enam unit rumah tipe 36 bagi korban gempa yang rumahnya alami kerusakan berat.

Untuk rumah yang rusak sedang, Pemkab Pijay anggarkan dana sebesar dua puluh juta per unitnya. Sebanyak tiga ribu dua ratus delapan puluh unit rumah rusak sedang, telah selesai dibangun pada tahun 2019 silam.

“Sejumlah tujuh ratus sebelas unit rumah tipe 36 juga sedang dilakukan pembangunan pada tahun 2020 ini. Pembangunan dibantu oleh rekanan dan proses pengerjaannya hingga kini mencapai 70 persen, dan diperkirakan rampung di penghujung tahun 2020”. Kata Okta Handipa Kalaksa BPBD Pidie Jaya.

Foto : H. Aiyub Abbas, Bupati Pidie Jaya

Sementara itu, Bupati Pidie Jaya H. Aiyub Abbas mengatakan, rumah yang telah selesai dibangun saat ini telah ditempati oleh pemiliknya. Bupati juga menambahkan musibah gempa yang terjadi di pijay tahun 2016 silam agar dapat dijadikan pelajaran bagi semua warga.

“Rumah yang telah kita bangun sudah ditempati oleh pemiliknya”. Kata Bupati Pidie Jaya H. Aiyub Abbas kepada PUJATV Aceh.

 

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Irhazt Angga Denilza

Ya allah, tolong dipercepat lagi pembangunannanya, kasihan warga