Aceh Besar – Pujatvaceh.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terus meningkatkan penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK)  yang menyerang ternak di kabupaten Aceh Besar , hingga Sabtu 30 Juli 2022 angka kesembuhan ternak yang terjangkit virus PMK di aceh besar mulai mencapai hingga 85 persen .

Hal itu diungkapkan  Pj Bupati Aceh Besar , Muhammad Iswanto pada kegiatan vaksinasi ternak sapi milik warga, di kawasan Kecamatan Montasik dan Blang Bintang Aceh Besar, pada Sabtu 30 Juli 2022 pagi.

Menurut Muhamad Iswanto,angka kesembuhan yang mencapai 85 persen tersebut, mengalami peningkatan yang sangat tinggi ,jika  dibandingkan dua minggu yang lalu , dimana angka kesembuhannya hanya sekitar 30 persen lebih.

Untuk itu Pj Bupati Aceh Besar ,mengajak semua pihak agar terus bersinergi dan bersama-sama menangani kasus PMK di Aceh Besar , hal itu pelu dilakukan guna menekan angka kasus PMK hinggal nol kasus ,selain itu dirinya juga meminta kepada para petugas supaya terus meningkatkan sosialisasi kepada peternak , untuk tidak membiarkan ternak yang terjangkit tanpa pengobatan.

“Dalam 1 atau 2 minggu ini peningkatan progres kesembuhan di Aceh Besar sangat signifikan. Mudah-mudahan PMK di Aceh bbesar ini dapat kita atasi dengan bantuan stakeholder kemudian kemauan dari peternak kita. Upaya-upaya ini tidak bisa kita hentikan sampai benar-benar  penetapan status darurat PMK di Aceh Besar ini selesai”, ujar Muhammad Iswanto.

Sementara itu kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran , yang turut hadir dalam kegiatan itu mengaku , angka kesembuhan ternak terjangkit pmk di Aceh Besar mengalami peningkatan, menurutnya hal itu tidak terlepas dari kinerja Pj Bupati Aceh Besar bersama stakeholder yang terus gencar  turun langsung ke gampong-gampong, guna mendeteksi kasus serta menyukseskan vaksinasi .

Dalam kesempatan itu Kadis peternakan Aceh  , Zalsufran juga mengatakan , pihaknya telah menyediakan sebanyak 1.500 dosis vaksin tahap pertama dan kedua , yang sudah mulai disalurkan kepada para peternak di Aceh Besar , untuk tahap pertama sebanyak 1000 dosis sudah selesai , untuk tahap kedua ditargetkan sebanyak 500 dosis yang kini sudah mulai disalurkan , Zalsufran juga menambahkan , jumlah vaksin PMK yang disalurkan pemerintah pusat untuk Aceh sebanyak 1 juta dosis dan yang sudah diterima pihaknya sebanyak 25.100 dosis, guna dilakukan proses penyaluran secara bertahap kepada peternak . Turut hadir dalam kegiatan itu , Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah , Kalak BPBA Ilyas serta sejumlah pejabat Pemkab Aceh Besar .

“Grafik kesembuahan cukup tinggi, apalagi di Aceh Besar sudah 85 persen , namun kita berharap ke Pj Bupati , sebelum 15 Agustus ini sudah zero case”,tambah Kadis Peternakan Aceh, Zalsufran.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments