Aceh Barat Daya – Pujatvaceh.com – Seperti ini lah kondisi saluran irigasi di Desa Babahlung, Kecamatan Blang Pidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, yang mengalami rusak parah pasca di terjang banjir beberapa waktu lalu.

Akibat rusaknya saluran irigasi tersebut, membuat petani di kawasan setempat tidak mendapatkan aliran air dengan lancar, sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada menurunnya produksi padi setiap tahunnya.

Ratusan meter saluran irigasi yang rusak parah sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu, seperti terjadi keretakan, patahan pada dinding saluran,  serta ambruk ke dalam sawah,  yang mengakibatkan penyuplaian air ke sawah warga tidak merata.

Kepala Desa Babahlung, Zikri mengatakan, pihaknya berharap saluran irigasi yang rusak parah ini, dapat segera ditangani oleh instansi terkait, sehingga para petani bisa memperoleh air saat musim tanam padi.

“Kalau ngga salah ini udah beberapa tahun terakhir ini tapi untuk pelaporan yang ini ke kami belum, karena kami kan keuchik yang baru dilantik, mungkin ini harapan yang sangat besar kepada pemerintah untuk dapat segera ditangani persoalan ini karena ini juga sangat terganggu dengan aliran air ke sawah dan juga ini kan bangunannya sudah kaya gini, sudah mengenai area sawah.” kata Zikri, Kepala Desa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini