Aceh Timur – Pujatvaceh.com – Sebanyak 189 sertifikat tanah yang telah dikeluarkan Kantor Pertanahan Aceh Timur, diserahkan langsung oleh Bupati Aceh Timur, Hasballah M Thaib, kepada 189 KK di gampong Seumanah Jaya, kecamatan Rantoe Peureulak, Aceh Timur. Desa Seumanah Jaya, Dusun Seumedang Jaya merupakan kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI), bekas lahan PT Gunung Meudang Raya Utama Timber (GMRUT).

Sesuai amanah MoU Helsingki, desa Seumanah Jaya dusun Seumedang Jaya ini tidak hanya didiami oleh Eks Kombantan GAM, Tapol, Napol dan juga masyarakat ter imbas konflik juga ikut menjadi warga Kota Terpadu Mandiri (KTM).

Lahan HTI ini hak pengelolaannya sudah dicabut dari PT Gmrut oleh Menteri LHK dan kehutanan pada tahun 2019, dan sekarang lahan eks HTI seluas 7.300 hektar tersebut sah menjadi milik warga masyarakat yang telah mendiami perumahan di kawasan kota terpadu mandiri ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak presiden, bapak menteri ATR, BPN yang hari ini melakukan pembagian sertifikat tanah untuk lokasi rumah, dan sertifikat lahan 2 hektar kepada masyarakat yang ada di HTI Seumedang Jaya“ ujar H. Hasballah H.M Thaib, Bupati Aceh Timur.

Kegiatan redistribusi tanah ini merupakan bagian dari program strategis nasional yang ditingkatkan pemerintahan melalui program reforma agraria dalam upaya guna mendorong pemulihan ekonomi, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kami dari kantor pertanahan kabupaten Aceh timur dapat menyampaikan bahwa untuk kegiatan sertifikat di Seumedang Jaya sudah dapat menyelesaikan sebanyak 394 sertifikat“ kata M. Taufik, Kepala Kantor Pertanahan Aceh Timur.

Pemerintah Aceh Timur berkomitmen akan mengembangkan potensi yang ada di KTM, masyarakat yang selama ini berdomisili di komplek perumahan KTM.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments