Pujatvaceh.com –  Sebanyak tiga orang aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, DI Yogyakarta dapatkan sanksi dari Bupati.Selain mendapatkan sanksi, ada satu ASN yang dipecat.

Seperti yang dilansir tribunnews.com,  Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Bidang Status Kinerja dan Kesejahteraan Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Sunawan. Ia mengatakan, pegawai yang dipecat berinisial AN.

“Yang bersangkutan bertugas di Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), Keduanya dikenakan sanksi penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun, Mudah-mudahan ini yang terakhir, tidak ada lagi kejadian baru ” kata Sunawan, Kepala Bidang Status Kinerja dan Kesejahteraan Pegawai BKPPD Gunungkidul.

AN dipecat lantaran mangkir bekerja lebih dari 10 hari, menurut catatan BKPPD. Sanksi ini diberikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 94/2021. Sanksi juga diberikan pada DDN, pegawai di Puskesmas Playen dan MG, pegawai Kapanewon Saptosari. Keduanya terlibat kasus pelecehan seksual terhadap pelajar SMK yang tengah menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Menurutnya, kasus pelecehan di Playen sempat dilaporkan ke aparat namun ditarik lagi. Sedangkan yang di Saptosari sama sekali tidak dilaporkan ke aparat kepolisian. Sunawan mengungkapkan sudah 4 pegawai yang ditindak atas kasus pelecehan seksual selama 2023 ini. Sedangkan yang dipecat sebanyak 3 pegawai.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan sudah menandatangani surat keputusan sanksi bagi 3 pegawai ini. Pagi ini, ia juga mengadakan pertemuan dengan para kepala OPD dan panewu. Ia kembali mengingatkan para pegawainya untuk bekerja sesuai aturan. Sebab Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat.

“Jadi kalau ada yang melakukan pelanggaran, saya tindak dengan tegas,” ucap Sunaryanta, Bupati Gunungkidul.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini