Foto : Pengungsi Rohingya Jalani Rapid Tes Antigen di BLK Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE – PUJATVACEH – Puluhan imigran rohingya yang saat ini masih bertahan di tempat pengungsian sementara, Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Meunasah Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, direncanakan akan dipindahkan ke sejumlah community housings yang berada di Medan, Sumatera Utara.

Pemindahan yang difasilitasi oleh international organization for migration atau IOM, di jadwalkan pada Kamis 25 Maret 2021 mendatang. Pemindahan tersebut sesuai dengan rekomendasi dari Kementrian Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia.

Mereka akan diberangkatkan secara bertahap, yang dibagi ke dalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama akan diberangkatkan sebanyak 36 orang, sedangkan gelombang kedua masih dalam tahap pendataan.

Sebelum diberangkatkan ke Medan, imigran rohingya ini juga telah melakukan rapid test antigen maupun pemeriksaan kesehatan laiinnya yang dilakukan pada rabu siang (24/3). Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe yang dibantu oleh dokter dari pihak IOM.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Elizar mengungkapkan, dari hasil rapid test antigen, tiga puluh enam imigran rohingya yang akan dipindahkan tersebut dinyatakan negatif terpapar covid-19.

“Jadi sudah kita lakukan rapid tes antigen kepada 36 pengungsi yang akan diberangkatkan besok, dan hasilnya negatif, alhamdulillah.” Terang dr. Elizar.

Wacana pemindahan pengungsi ini akan difokuskan bagi pengungsi anak ataupun mereka yang rentan. Pemindahan tersebut dinilai akan lebih menjamin pemenuhan hak dan perlindungan bagi anak-anak pengungsi tersebut.

 

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments