Aceh Timur – Pujatvaceh.com – Puluhan masyarakat yang berasal dari 6 kecamatan Dalam kabupaten Aceh Timur, diantaranya dari kecamatan banda alam, idi tunong, Peudawa, Ranto Peureulak dan kecamatan Idi Timur mendatangi kantor DPRK Aceh Timur untuk menyampaikan aspirasinya kepada Ketua DPRK Aceh Timur terkait sengketa tanah dengan perusahaan PT Bumi Flora dan Dwi Kencana.

Muda Wali, Ketua Aksi mengatakan, pihaknya menuntut agar DPRK segera membentuk pansus dan memanggil pihak perusahaan tersebut terkait sengketa lahan dengan masyarakat. Ia juga berharap, para keuchik dan anggota DPRK agar tetap kompak dalam memperjuangkan hak masyarakat serta persoalan sengketa lahan dengan perusahaan itu.

Selain itu masyarakat juga menuntut agar pemerintah menolak perpanjangan HGU kedua perusahaan tersebut, serta menuntut ganti rugi atas kerusakan infrastruktur seperti jalan desa akibat beroperasi perusahaan tersebut, serta mempertanyakan dana CSR, sebab selama tidak terpenuhi sebagai tangung jawab sosial di lingkar perusahaan.

“Harapan saya kepada DPRK agar benar-benar dan tidak mengulur-ngulur waktu, dan untuk pemerintah kabupaten, provinsi juga pusat agar pemberian izin HGU agar diberikan pemerintah dan yang bisa mencabut juga oleh pemerintah, bukan dari kami rakyat. Dan kami berharap kepada pemerintah agar mencabut HGU tersebut karena kami masyarakat sekitar sangat sengasara akibat HGU dan banyak masyarakat kami banyak tinggal di atas tanah negara salah satunya diatas paret irigasi“ tutur Muda Wali, Koordinator Warga.

Sementara itu, Ketua DPRK Aceh Timur, Fattah Fikri Menampung aspirasi warga dan ia berjanji akan memanggil direktur PT Bumi Flora Dan PT Dwi Kencana selaku pemegang izin hak guna usaha atau HGU di kabupaten Aceh Timur.

“Insya Allah tidak lama lagi kita akan memberi jawaban karena tugas dan tujuan kita yang pertama adalah ingin mengembalikan hak-hak masyarakat dulu bukan masalah kebun. Kita berharapa kepada masyarakat agar bersabar dan kami akan tetap berusaha untuk kepentingan masyarakat“ kata Fattah Fikri, Ketua DPRK Aceh Timur.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments