Aceh Timur – Pujatvaceh.com – Puluhan pemuda dan siswa SMA – SMK atau sederajat di Kabupaten Aceh Timur mengikuti pelatihan jurnalisme warga yang digelar Oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Aceh dengan tema ” Jurnalisme Warga, Berita Dibuat Oleh Orang-Orang Biasa”.

Acara ini dipusatkan di Aula Sma Negeri 1 Idi Rayeuk ini serta turut dihadiri oleh sujumlah ketua organisasi pers serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Munir Noer, Ketua IJTI Pengda Aceh dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini untuk mengajak adik-adik pelajar dan pemuda di Kabupaten Aceh Timur untuk belajar menjadi jurnalis pemula, karena peran jurnalistik sangat penting untuk mengedukasi masyarakat.

Menurutnya, pasca mengikuti pelatihan nanti, para pelajar dan pemuda ini diharapan belajar melahirkan karya jurnalistik baik di sekolah maupun kegiatan diluar sekolah.

Sementara itu, Mirza Mardhan Shah, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Aceh Timur, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan jurnalistik bagi pelajar dan pemuda yang digelar oleh IJTI Aceh ini sangat penting dan bagian dari regenerasi generasi jurnalis dimasa yang akan datang.

Menurutnya, di zaman serba digital ini semua kegiatan harus diekspos. Karenanya, usai mengikuti pelatihan ini siswa dan pemuda bisa belajar menulis baik itu kegiatan dilingkungan sekolah, maupun kegiatan diluar sekolah yang bermanfaat bagi pembaca atau publik.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh ITJI merupakan bagian dari regenerasi dalam rangka mencari bibit – bibit unggul jurnalis – jurnalis muda yang menjadikan ini sebagai wadah dimana para peserta nanti dapat menyerap ilmu yang disampaikan oleh para pemateri.” ucap Mirza Mardhan Shah, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Aceh Timur.

Kegiatan yang dipandu oleh Romi Syahputra selaku moderator juga menghadirkan para pemateri dari wartawan senior, diantaranya Seni Hendri wartawan Serambi Indonesia yang juga Ketua Persatuan Wartawan Aceh Timur (PESAWAT), Ismail Abda wartawan Inews TV juga Ketua Pembina PESAWAT, serta Hidayatullah freelance journalist dari IJTI Pengda Aceh.

Selain itu, para peserta juga merasa mendapatkan pengalaman baru yang sebelumnya belum mereka ketahui tentang dunia jurnalistik itu penting untuk publik dan pembagunan daerah.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada ITJI yang telah menyelenggarakan khususnya pelatihan jurnalisme warga Aceh Timur, khususnya bagi kami para pelajar dan disini kami dapat memperoleh banyak wawasan terutama tentang jurnalisme, dimana kami dapat menggunakan ilmu ini untuk kedepannya.” kata Dara Asifa, Peserta.

Acara ini juga di meriahkan dengan tampilan live music seniman Aceh oleh Maimunzir atau sapaan Bang Gaess.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments