Aceh Besar – Pujatvaceh.com – Aneka perlombaan di gelar dalam menyambut semarak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78. Seperti yang dilakukan di Desa Wisata Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, meski diguyur hujan warga tetap antusias mengikuti aneka perlombaan.

Mengangkat tema gampong, gampong atau Desa Nusa memperlombakan aneka permainan tradisional tempo dulu, seperti tarek situek atau tarik pelepah pinang.

Tarik situek sendiri merupakan permainan tradisional yang dimana permainan tersebut dimainkan oleh dua orang dengan menggunakan pelepah pinang sebagai media permainan. Kemudian ada permainan tangkap bebek, dimana para peserta lomba di haruskan menangkap bebek dengan mata tertutup corong.

Selanjutnya ada lomba lompat karung menggunakan helm, peserta yang lebih dulu sampai di garis finish, itulah sebagai pemenang dalam permainan lompat karung tersebut.

Sekretaris Gampong Nusa, Hendra Marliza mengatakan kegiatan yang digelar di Gampong Nusa merupakan wujud semangat nasionalisme warga gampong dalam menyemarakkan tujuh belasan. Permainan tradisional ini dipilih, sesuai dengan tema wisata yang di usung oleh gampong nusa sebagai desa wisata gampong.

“Tema wisata di Gampong Nusa terkait juga dengan tradisional, karena game tradisional ini juga kedepannya anak-anak kita juga tidak tahu lagi bahwa menangkap bebek itu ada game tradisional dan budaya kita” tutur Hendra Marliza, Sekdes Gampong Nusa.

“Kami mengangkat tema gampong yang disitu kami ada lomba bebek tangkap, lomba pelepah pinang atau juga tadi ada lomba balap karung pakai helm. Karena anak-anak sekarang sudah tidak tahu lagi permainan tradisional jaman dulu jadi kita lembaga LPN mengangkat tema permainan zaman dulu supaya anak-anak milenial tahu bagaimana bentuk permainan zaman dahulu” ujar Santi, Panitia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini