Bireuen – Pujatvaceh.com – Ratusan bibit pohon ditanam oleh mahasiswa di sekitar Kampus Al-Muslim Bireuen yang terdiri dari Pohon Pucuk Merah, Bougenvil dan beberapa jenis pohon lainnya.

Penanaman pohon di Rusunawa Kampus Umuslim ini bertujuan agar dapat membuat nyaman dosen dan mahasiswa yang tinggal di rumah tersebut. Selain itu, agar dapat mencegah terjadinya longsor di sekitaran kampus karena Almuslim juga dekat dengan bukit.

Ridwan Iriadi, Dosen Program Studi Pengolahan Sumber Daya Alam dan Lingkungan mengatakan, ini merupakan program tahunan dari Studi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Universitas Al-Muslim Peusangan, Bireuen. Ia juga menambahkan, penghijauan ini tidak hanya dilakukan di wilayah pesisir namun juga harus dilakukan di hulu.

“Kegiatan penghijauan lingkungan ini merupakan program tahunan dari Program Studi Pengolahan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Universitas Al Muslim, dengan menanam jenis pucuk merah dan bougenville sekitar 500 bibit di sekitar rusunawa ini. Penghijauan ini juga tidak hanya dilakukan di wilayah pesisir namun juga harus dilakukan di wilayah Hulu,” ujar Ridwan.

Sementara itu, Armia salah seorang mahasiswa pascasarjana Umuslim mengatakan, penanaman pohon ini sangat penting. Selain untuk mencegah terjadinya banjir, juga bermanfaat untuk terciptanya udara bersih di sekitar kampus.

“Seperti yang kita lihat sekarang dan kita ketahui banyak terjadi erosi dan meluapnya air disebabkan karena kurangnya penanaman pohon, sehingga dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa melihat betapa diperlukannya penghijauan untuk penyerapan air,” kata Armia.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments