BIREUEN – PUJATVACEH.COM – Curah hujan yang tinggi di musim penghujan akibatkan tebing bukit  setinggi 5 meter longsor dan menimpa 1 unit  rumah  di desa Blang Mane Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen (Minggu/15/11/2020/).

Labilnya tanah  mengakibatkan material tanah bercampur lumpur menimpa 1 rumah warga yang berkonstruksi kayu di kawasan tersebut.

Ismuha, korban tanah longsor menyebutkan peristiwa longsor berawal saat hujan deras sejak sore hingga  malam hari, tiba-tiba terdengar bunyi gemuruh dari belakang rumahnya, akibatnya Ismuha bersama keluarga segera mengungsi ke rumah kerabatnya.

Kepala Pelaksana BPBD  kabupaten Bireuen  menyebutkan daerah itu sudah tidak layak huni karena struktur tanah yang labil, pihaknya pun sudah memberi bantuan masa panik kepada korban tanah longsor.

Sementara itu, akibat intensitas hujan yang tinggi selain sebabkan tanah longsor, jembatan penghubung antar desa setempat juga rusak diterjang luapan sungai.

Akibatnya akses warga terutama yang menggunakan kendaraan bermotor tidak bisa melintas, akibatnya warga pun kesulitan membawa hasil panen dan terpaksa harus berjalan kaki untuk menyeberang melintasi sungai ketika hendak pergi ke kebun.

Foto : Kondis jembatan yang rusak akibat terbawa luapan air sulitkan perekonomian warga.

Ismail, salah seorang petani  menyebutkan  jembatan ini rusak diakibatkan hujan deras dan luapan arus sungai,  ia berharap agar jembatan bisa di bangun kembali untuk dapat memudahkan warga mengangkut hasil pertanian.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini