Pujatvaceh.com – Seseorang yang sedang fokus menurunkan berat badan atau tengah menjalankan diet, biasanya rutin menimbang berat badan, bahkan hingga beberapa kali sehari.

Namun, tahukah kamu, ternyata tidak sembarang waktu menimbang jika ingin mengetahui berat badanmu yang . sebenarnya. Ada waktu-waktu tertentu yang dikatakan sebagai waktu terbaik untuk menimbang bobot tubuhmu.

Berikut waktu terbaik untuk menimbang berat badan dan faktor-faktor yang perlu diperhatikan sebelum menimbang, dilansir Times of India, Selasa 6 Juni 2023.

Pagi hari
Menimbang berat badan yang terbaik adalah di pagi hari saat perut kosong. Pastikan kamu membersihkan usus atau pergi ke toilet terlebih dahulu sebelum menginjak timbangan.

Sarapan dan minum air putih
Setelah menimbang berat badan, pastikan kamu minum air putih, teh, vitamin atau sarapan terlebih dahulu.

Bobot bisa bervariasi
Berat badanmu bisa bertambah 500 gram hingga 1 Kg jika kamu menimbang berat badan sambil membawa tambahan dari makanan yang sebelumnya tidak tercerna.

Bagaimana, jika hasil timbangan di malam hari lebih kecil?
Orang-orang yang aktif secara fisik mungkin memiliki berat badan lebih rendah di malam hari. Namun tetap saja, berat badan kamu yang sebenarnya adalah saat di pagi hari, demikian menurut pakar kesehatan.

Seberapa sering harus menimbang berat badan?
Untuk gambaran yang jelas, menimbang berat badan sebulan sekali sudah cukup. Memeriksanya setiap hari bahkan tidak diperlukan.

Mengapa berat badan harian berfluktuasi?
Berat badan harian kamu bisa berfluktuasi berdasarkan apa yang kamu makan pada hari sebelumnya, berapa banyak air yang kamu minum, konsumsi obat, tingkat aktivitas fisik, dan lain-lain. [viva.co.id]

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments