SUBULUSSALAM – PUJATVACEH.COM – Seekor harimau Sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae terekam oleh kamera trap Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh di areal perkebunan warga yang terletak di Desa Lae Motong, Kecamatan Penanggalan, kota subulussalam. Kamis (26/11/2020).

Harimau yang diperkirakan berukuran sekitar 2 meter ini diduga memangsa sapi milik warga dilokasi itubeberapa hari lalu.

“Ada keberadaan harimau yang memakan ternak warga dan lokasi harimau tersebut sekarang berada ditengah hutan” kata Hadi Sofyan, Kepala SKW 2 BKSDA Aceh.

Untuk menjauhkan harimau tersebut dari pemukiman yang berjarak sekitar 2 kilometer dari lokasi keberadaannya, pihak Bksda lakukan upaya-upaya mitigasi, yaitu melakukan patroli di sekitar lokasi, memasang kamera-kamera trap, dan menghalau harimau tersebut kembali kehutandengan metode akustik, yaitu meledakkan petasan-petasan diantara lokasi harimau dengan pemukiman.

“Kami tetap melakukan upaya-upaya seperti menyalakan mercun untuk menghalau harimau dari lokasi pemukiman warga” ujarnya.

Hingga saat ini, harimau tersebut belum bisa ditangkap, sebab terbentur aturan,dikarenakan wilayah kemunculan harimau tersebutberstatushutanproduksi.

“Dikarenakan harimau tersebut masih belum bisa ditangkap, kami himbau kepada warga agar meningkatkan kewaspadaan” imbaunya.

Sebelumnya,beberapa bulan yang lalu harimau lainnya juga sempat muncul di wilayah desa Singgersing.Harimau tersebut memangsa beberapa ekor sapi warga dari areal perkampungan, sehingga pihak BKSDA pun melakukan penangkapan untuk merelokasi ke wilayah hutan.

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments