Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Seluas satu setengah hektare kebakaran lahan gambut di Dusun Ujong Berasok Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, belum berhasil dipandamkan sejak dua hari terakhir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, bersama TNI dan Polisi terus berupaya memadamkan api, agar api tidak terus meluas ke lahan gambut lainnya. Meski api sudah padam 80 persen, namun kumpulan asap putih masih terlihat di kawasan lahan gambut yang terbakar.

Pusdalop BPBD Aceh Barat, Mansuri mengatakan, kondisi kebakaran lahan gambut sudah mulai diatasi, namun pihaknya sempat ada kendala dalam melakukan pemadaman, karena akses ke lokasi tidak bisa di lalui oleh truk damkar serta sumber air yang minim.

“Untuk penyebab masih dalam tahap penyelidikan oleh pihak terkait, untuk luasnya sekitar 1,5 hektar, untuk saat ini kondisinya sudah 80%. Lahan ini memang lahan gambut sehingga itu yang membuat api itu cepat merambat. Untuk kendala itu sumber air yang kurang, untuk air kita ambil dari depan sekitar 200 m” tutur Mansuri, Pusdalop BPBD.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini