Jakarta – Pujatvaceh.com –  Aceh Besar terus berada dalam jalur trend positif di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Setelah sukses besar pada ADWI 2021 dengan mengantarkan Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga meraih juara nasional ADWI 2021 kategori home stay, kini giliran Gampong Lubok Sukon, Kecamatan Ingin jaya, Aceh Besar, meraih status juara harapan di ADWI 2023.

Serta turut dihadiri langsung oleh Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 di TMII Jakarta, Minggu, 27 Agustus 2023.

“Gampong Lubok Sukon meraih juara harapan untuk kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE. Sebuah prestasi yang juga patut kita banggakan dan kita syukuri,” kata Muhammad Iswanto SSTP MM, Pj Bupati Aceh Besar.

Tampil sebagai juara 1 kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE, juga perwakilan dari Aceh yaitu Gampong Iboih, Kota Sabang, juara 2 Bira Tengah, Kabupaten Sampang, juara 3 Desa Wisata Duren Sari Sawahan, Kabupaten Trenggalek, juara 4 Desa Wisata Bowele, Kabupaten Malang, juara 5 Desa Wisata Kakaskasen Dua, Kota Tumohon. Sedangkan juara harapan masing-masing Lubok Sukon, Kabupaten Aceh Besar, Desa Cibeusi Subang, Desa Baytara, Desa Besani Kabupaten Batang, dan Desa Wisata Tompo Bulu, Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Menurut Iswanto, persaingan untuk menjadi yang terbaik di ajang ADWI makin berat dari tahun ke tahun. Ini disebabkan terjadinya penambahan peserta yang signifikan dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data yang ada, dari 7.276 total jumlah desa wisata di Indonesia, tahun ini telah terjaring 4.573 desa wisata yang mendaftar di ADWI 2023. Setelah melalui seleksi dan profil yang telah dikirimkan, ditetapkan 500 desa sebagai desa wisata terbaik yang lolos tahap awal. Selanjutnya, 500 desa wisata tersebut kembali diseleksi menjadi 75 besar desa wisata terbaik pada penilaian ADWI 2023.

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto didampingi Kadis Parpora Aceh Besar, Abdullah, S.Sos di sela-sela acara Malam Anugerah ADWI 2023 di TMII. Muhammad Iswanto mengajak semua pihak untuk terus bersyukur atas setiap pencapaian, termasuk di ajangADWI 2023.

“Aceh Besar meraih juara harapan setelah bersaing dengan 4.573 desa wisata yang ikut ADWI 2023. Ini benar-benar harus kita syukuri dan angkat topi kepada semua elemen di Gampong Lubok Sukon yang telah berusaha keras dan mendedikasikan diri untuk memberikan yang terbaik bagi Lubok Sukon atau Aceh Besar di ajang ADWI 2023,” tandas Muhammad Iswanto.

“Alhamdulillah Aceh Besar sudah menunjukkan diri dengan mewakili Aceh untuk level nasional dalam berbagai event selama setahun ini. Ini capaian yang sangat membanggakan,” kata Iswanto.

Iswanto juga menambahkan, untuk tahun 2024 Aceh Besar akan persiapkan dua gampong dalam kategori yang berbeda untuk mengikuti ADWI 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini