ACEH BARAT – PUJATVACEH.COM – Masyarakat Aceh Barat melalui Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA). Menyerahkan satu unit mesin Reverse Transcription – Polymarase Chain Reaction (RT-PCR), kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat untuk mempermudah dalam penanggan pasien covid-19 di kabupaten setempat.

Alat RT-PCR SWAB tersebut, diserahkan langsung Oleh Chairullah kepada Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS, dihadiri juga Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda, Muh Rukhsal, Perwakilan Kodim, dan pejabat lainya Serta para pengusaha di aceh barat, sebagai inisiator pengadaan alat tersebut.

Alat tersebut sengaja dihibahkan, bertujuan untuk mempercepat proses pemeriksaan pasien covid-19, sehinngga hasil Swabnya lebih cepat diperoleh tampa harus membawah sampel ke Banda Aceh.

“Insyaallah kalau mesinnya sudah ada di Aceh Barat hasilnya bisa kita dapatkan langsung minimal dalam tempo dua jam itu hasilnya sudah keluar,” kata Syarifah Junaidah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat. Jumat, (13/11/20).

Menurut Syarifah, dengan adanya mesin RT-PCR di Labkesda Kaupaten Aceh Barat, maka pemeriksaan terhadap pasien covid-19 akan lebih cepat dibandingkan jika harus mengirimkan sample swab ke Banda Aceh. Dan harus menunggu hasil SWAB hingga satu minggu.

Dikatakannya, mesin RT-PCR yang dihibahkan kepada Pemda Aceh Barat ini merupakan hasil sumbangan yang diberikan oleh masyarakat beserta para pengusaha yang berada di Kabupaten Aceh Barat.

“Untuk mengoperasikannya, kita sudah siapkan tenaga medis Lebkesda, dan akan diberikan pelatihan khusu untuk mengoperasikan mesin RT-PCR ini,” Ujarnya.

Nantinya mesin RT-PCR yang dihibahkan oleh masyarakat kepada Pemda Aceh Barat ini akan ditempatkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Lebkesda) Aceh Barat yang berada di Desa Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Tuturnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments