BANDA ACEH – PUJATVACEH.COM – Jelang persiapan imlek, komunitas etnis tionghoa di Banda Aceh mulai lakukan serangkaian persiapan untuk laksanakan ibadah imlek bagi umat konghucu. Salah satunya dengan membersihkan Vihara, seperti pada vihara dharma bakti yang berada di jalan Teuku Panglima Polem, Peunayong Kota Banda Aceh, selasa (9/1/21).

Pelaksanaan ibadah imlek pada tahun 2021 ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena saat ini sedang dalam masa pandemi covid-19. Pelaksanaan ibadah imlek akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, guna memutus mata rantai corona. Jumlah jamaah juga akan dibatasi untuk menghindari kerumunan. Jamaah nantinya, akan tiba berangsur-angsur dan dalam kelompok-kelompok kecil.

Berdasarkan penuturan sekretaris vihara dharma bhakti peunayong, keberadaan etnis tionghoa di Aceh sudah ada sejak lama. Bahkan sejak masa kesultanan sultan Iskandar Muda.

” Etnis tionghoa sudah lama di aceh, sejak masa sultan Iskandar Muda”Tutur Hasan Go alias Cheng Guan, Sekretaris Vihara Dharma Bakti Banda Aceh.

Pada abad ke 17, lanjut hasan go, mereka sudah mulai berdatangan ke Aceh. Saat itu mereka masuk ke jalur laut untuk berdagang di Aceh. Ada yang menjadi pedagang musiman dan ada yang menjadi pedagang permanen. Kemudian menetap di perkampungan china di ujung kota dekat pelabuhan, yang kini namanya dikenal sebagai Peunayong.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments