BANDA ACEH – PUJATVACEH.COM Peringati Milad Gam Ke -44, mantan kombantan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) mengibarkan Bendera Bintang Bulan dan doa bersama di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Jumat pagi, 4 Desember 2020. Diikuti oleh ratusan massa yang mengatas namakan para mantan kombatan GAM.

Massa yang berasal dari berbagai daerah mulai berkumpul di depan Masjid Raya sejak pukul 8.30 pagi, dengan membawa Bendera Bintang Bulan, yang di kibarkan selama 15 menit.

Pihak keamanan dari Polresta Banda Aceh dan Kodim 0101 BS banda aceh, melakukan pengamanan di kawasan Mesjid Raya, meminta kepada massa untuk menurunkan bendera yang telah berkibar tersebut.

Pada milad tahun ini kami menuntut hak kami tentang pengesahan Bendera Aceh yang telah 16 tahun tertuang dalam perjanjian MoU helsinki, 15 agustus 2005 lalu, ujar Ainal Mardhiah,  salah seorang mantan kombatan GAM.

Sementara itu, Dandim 0101 Banda Aceh, Letkol Abdul Razak Rangkuti Mengatakan, bahwa sebelumnya penyampaian aspirasi oleh kombatan GAM, tidak ada pemberitahuan dan tidak memiliki izin ke pihak Polresta dan Kodim Banda Aceh.

“Kami meminta kepada massa untuk menurunkan bendera tersebut. Tidak ada bendera selain Bendera Merah putih yang dizinkan” katanya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments