Lhokseumawe-Pujatvaceh.com-Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Lhokseumawe mengatakan, perencanaan gampong demokrasi merupakan satu program besar untuk menciptakan pemilu yang berkualitas.

Sehingga pihaknya memilih Desa Lhok Mon Puteh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, sebagai desa demokrasi pengawasan patisipatif pada pemilu 2024 mendatang.

Launching Desa Demokrasi Pengawasan Patisipatif, ditandai dengan tetabuhan rapai dan penandatanganan komitmen bersama unsur Forkopimda Kota Lhokseumawe.

Dipilihnya Desa Lhok Mon Puteh karena desa ini memiliki tingkat partisipasi masyarakat dalam sejumlah aspek, terutama pada pemilu sebelumnya dan dapat menjadi percontohan bagi desa lainnya di Lhokseumawe. Selain itu desa tersebut juga berprestasi di kancah lokal maupun nasional.

“Salah satu program besar bagaimana menghasilkan pemilu yang berkualitas yang jujur, adil, profesional, partisipasi masyarakat terlibat. Lahir melalui cikal bakal itu ada di Gampong demokrasi. Jadi Lhokseumawe ada satu percontohan bagaimana berdemokrasi yang baik pada pemilu 2024 dan kedepannya kita pilih di lhok Mon puteh sebagai tempat edukasi bagaimana menjadi masyarakat yang peduli kepada pemilu, berani mencegah segala pelanggaran pemilu dan berani mencegah hal-hal yang berhubungan dengan politik uang” Ujar T Zulkarnaen, Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe.

Penjabat Wali Kota Lhokseumawe, Dr. Imran mengatakan, pencanangan gampong demokrasi merupakan langkah maju untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam penerapan kehidupan berpolitik, khususnya dalam menyukseskan pemilu 2024.

Imran berharap, agar desa ini menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Kota Lhokseumawe, sehingga dapat meredam konflik politik masyarakat terutama saat pemilu. Karena menurutnya masyarakat merupakan aktor utama dalam pembuatan keputusan politik.

“Kita berharap nantinya minimal sekali yang kampung terdekat tetangga disini bisa belajar disini. Saya kira dengan ditunjuknya ini juga akan memicu gampong yang lain untuk melakukan hal yang sama” Kata Dr. Imran, Pj Wali Kota Lhokseumawe.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments