Aceh Barat –Pujatvaceh.com-Sebanyak 73 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ikut berpartisipasi dalam kegiatan pasar tani yang dilaksakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, bersama pemerintah Aceh Barat, di halaman gedung olahraga dan seni kabupaten setempat.

Dalam kegiatan pasar tani tersebut disediakan berbagai macam produk pertanian yang dihasilkan oleh warga. Tak hanya itu, berbagai macam produk UMKM lokal dari berbagai wilayah di Aceh juga dipamerkan.

Harga berbagai hasil pertanian dan produk UMKM yang terdapat di pasar tani ini, jauh di bawah harga pasaran. Setiap produk selisih harganya berkisar antara 3 ribu hingga 5 ribu rupiah.

Salah seorang pengunjung, ema  mengatakan, kegiatan pasar tani sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Karena selisih harga yang ditawarkan mencapai 5 ribu rupiah dibandingkan harga di pasaran.

“Dengan hadirnya pasar tani, masyarakat bisa membantu UMKM memasarkan keahlian mungkin dari pangannya. Saya lihat sangat bermanfaat mungkin bisa dibuat setahun beberapa kali”  Ujar Ema Tatok, Pengunjung.

Sementara itu, panitia kegiatan, Nur Fajri mengatakan, kegiatan pasar tani ini bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian warga khususnya para petani.

Kegiatan yang  rutin dilaksanakan  dua kali dalam sebulan dilaksanakan di setiap kabupaten kota ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para petani, serta menjadi ajang promosi berbagai produk – produk UMKM di daerah.

“Kalau kegiatan pasar tani itu sendiri kita laksanakan di dinas pertanian provinsi sebulan pernah dua kali ada yang sekali bahkan tergantung permintaan juga”  Kata Nur Fajri, Panitia Kegiatan

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments