Langsa – Pujatvaceh.com – RSUD Langsa menangani 138 pasien penderita HIV/AIDS dari berbagai daerah, mulai dari Aceh Tamiang, Aceh Timur, dan Aceh Utara. Sementara presentase warga Langsa yang ditangani tim medis berkisar 20 persen.

Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Langsa, dr. Indriany Eka Putri mengatakan, jumlah ini terus bertambah dari tahun sebelumnya dikarenakan skrining yang jauh lebih baik. Kemudian program pemerintah mengharuskan pelaksanaan skrining HIV bagi ibu hamil, pasien TBC, dan pasien Infeksi Menular Seksual (IMS).

Indri mengajak masyarakat agar peduli HIV dengan bersama sama berperilaku hidup sehat, tidak berganti – ganti pasangan dan melakukan konsultasi serta pemeriksaan di fasilitas kesehatan jika dibutuhkan.

Pihaknya juga menyebutkan RSUD Langsa sudah memiliki klinik Voluntary Counselling and Testing (VCT) yaitu layanan konseling dan test yang akan membantu bagi yang ingin melakukan pemeriksaan atau konseling terkait HIV/AIDS. Pihaknya mempunyai tenaga kesehatan yang sudah terlatih dan siap membantu masyarakat yang memerlukan.

“Seperti yang kita tahu penurunan HIV itu lewat darah dan cairan kelamin, kita menghimbau agar tidak berganti-ganti pasangan kemudian melakukan menjauhi narkoba terutama narkoba suntik yang bisa penasun itu bisa menyebabkan penularan HIV lebih cepat, dan jangan sungkan melakukan pemeriksaan jika memang dirasa berisiko atau punya keluhan, kita punya klinik VCT di rumah sakit saat ini, dokter dan perawat yang sudah terlatih“ kata dr. Indriany Eka Putri, Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Langsa.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments