Pidie – Pujatvaceh.com – Upacara Hari Santri Nasional yang digelar di Kabupaten Pidie berlangsung khidmat, ribuan santri dari berbagai ponpes yang ada di Kabupaten Pidie hadir untuk menyemarakan momentum tersebut, yang berlangsung di alun-alun Kota Sigli, Kabupaten Pidie, pada Sabtu, 22 Oktober 2022.

Upacara Hari Santri Nasional di Kabupaten Pidie dengan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”, yang bertindak sebagai inspektur upacara Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto, pimpinan upacara Tgk. Syahrul Ramadhan dari Dewan Guru Dayah Baldatul Mubarakah Lamkawe, pengibar bendera merah putih para Santri Al-Furqan Bambi.

Penjabat Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswato mengatakan, para santri merupakan orang terdidik, serta memiliki akhlak yang mulia dan kedisiplinan, sehingga peran para santri dapat mencerminkan kenegaraan Indonesia, disisi lain santri juga harus menjadi garda terdepan dan bersatu bahu-membahu menjaga keutuhan negara.

“Kenapa harus santri karena pertama adalah persoalan akhlak, dia ada pembinanya dan pembinanya versi pengetahuan agamanya yang mengakar kalau santri itu dan bukan hal baru, itu merupakan peninggalan leluhur dari guru ke guru yang basic-nya Kitabullah, semuanya bisa dipertanggungjawabkan kepada Tuhan kalau santri. Maka dari itu saya yakin dengan gerakan santri itu persoalan akhlak akan teratasi“ kata Wahyudi Adisiswanto, Pj Bupati Pidie.

Rangkaian kegiatan upacara Hari Santri Nasional di Kabupaten Pidie diakhiri dengan pawai ta’aruf shalawat dan zikir, yang berawal dari alun alun Kota Sigli hingga menuju ke Gedung Pidie Convention Center (PCC) Sigli. Dalam kegiatan ini turut dihadiri langsung para kyai pencetus lahirnya Hari Santri Nasional, KH. Thoriq Darwis bin Ziyad, beserta sejumlah ulama, dan beberapa tamu undangan lainya

Zikir akbar yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 di Kabupaten Pidie diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Abu Ishak Lam Kawe, para santri terlihat begitu khidmat mengikuti seluruh rangkaian acara yang digelar dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022.

Pencetus Hari Santri Nasional, KH. Thoriq Darwis mengatakan, santri harus menjadi pioner dalam berbagai bidang, termasuk bidang ekonomi, karena menurutnya santri punya definisi, yaitu insan taqwa Indonesia,

“Santri itu kalau menurut kyai saya karena saya seorang santri Al-Arif billah wala Arifan bi-zamani, seseorang yang mengerti siapa Tuhannya juga mengetahui apa kebutuhan zamannya maka santri-santri itu harus menjadi pionir dalam bidang apapun“ tutur KH. Thoriq Darwis bin Ziad, Pencetus Hari Santri Nasional.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments