BENER MERIAH – PUJATVACEH.COM – Beginilah keseharian Herman Ramli, ia merupakan petani jernang di Kabupaten Bener Meriah. Dirinya membudidayakan jernang dengan jenis dragon blood sejak tujuh tahun lalu, tepatnya di Desa Blang Betona Km 58, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Herman menuturkan, proses penyemaian bibit jernang tidaklah terlalu sulit, bibit semai di ambil dari hutan dan kemudian disemai dalam kebun coklat seluas dua hektare lebih. Proses pertumbuhan sejak ditanam hingga tiba waktu panen membutuhkan waktu sekitar lima tahun perawatan.

“Kami membubidayakan ini dari dasar bunga hingga sekarang bisa mencapai jangka waktu lebih kurang dua tahun, dan kita bibitkan kembali hingga disemai selama satu tahun lagi”

Herman Ramli diketahui sangat terampil dalam mencari bibit jernang ke hutan, ia hanya membawa pulang bibit unggul yang kemudian ia budidayakan di lahan miliknya. Setiap tahun jernang miliknya di panen sebanyak tiga kali.

Lebih lanjut Herman mengungkapkan, dalam satu batang jernang dapat menghasilkan empat kilogram buah jernang, harga yang dibanderol sekitar Rp. 400 ribu per kilogramnya. Untuk buah jernang yang telah diolah menjadi tepung, harganya berkisar empat juta rupiah perkilonya.

“Beberapa tahun yang lalu, diawal panen kita memperoleh hingga Rp 100 juta lebih, dengan berat panen 2 ton seharga Rp. 400 ribu per Kilogram,” ungkapnya.

Dengan hasil panen mencapai dua ton lebih per tahunnnya, keuntungan yang diraup Herman mencapai ratusan juta rupiah. pandemi covid-19 ternyata tidak berpengaruh sama sekali terhadap petani jernang ini.

Budidaya jernang sendiri sedang familiar di kalangan petani pedalaman Bener Meriah dan Aceh Tengah. Bedanya, bibit jernang dragon blood milik Herman ia kembangkan sendiri ditengah hutan.Herman Ramli berharap agar masyarakat Aceh mau menanam jernang ini, menurutnya jernang juga dapat membantu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

“Saya berharap  kepada masyarakat Aceh agar mau menanam jernang, karena tumbuhan ini memiliki harga yang ekonomis dan dapat membantu perekonomian rakyat Aceh” harapnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments