Foto : Samsuar, petani.

ACEH BARAT DAYA – PUJATVACEH.COM Tanaman padi yang mulai menguning di kawasan Cot Seutui desa Kuta Bahagia kecamatan Blangpidie kabupaten Aceh Barat Daya terancam gagal panen akibat di serang hama.

Hama jenis serangga wereng yang menyerang padi ini muncul di pagi hari dan hilang saat teriknya matahari. Hewan berwarna hitam ini pun akan kembali makan tanaman padi pada sore hari saat matahari mulai tenggelam. Senin (16/11/2020)

Para petani pun membuat berbagai hiasan seperti kertas manila dan kertas lainnya yang digantung di atas tanaman padi, selain kertas para petani juga membuat jaring-jaring di atas tanaman padi guna mencegah serangan hama wereng tersebut.

Foto : Kertas yang digantung oleh petani padi untuk mencegah hama wereng.

Samsuar salah seorang petani mengatakan, meski para petani membuat berbagai hiasan guna mencegah hama wereng namun serangga hitam tersebut tetap saja memakan sari padi.

“Hama wereng ini akan menyerang padi yang sedang berisi untuk menghisasp sari padi”, ujarnya. Samsuar melanjutkan, padi ini diperkirakan akan panen pada bulan Desember mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini