Lhokseumawe – Pujatvaceh.com – T sofianus membuka secara resmi pelatihan untuk sembilan puluh warga putus sekolah di Kota Lhokseumawe, para peserta akan dibekali pelatihan otomotif sepeda motor dan tata boga melalui dana aspirasi Wakil Ketua DPR Kota Lhokseumawe, T Sofianus, yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe untuk membina para calon wirausahawan muda UMKM di Kota Lhokseumawe.

Pelatihan akan berlangsung selama lima hari kedepan di beberapa lokasi yang berbeda, lima puluh peserta yang terdiri dari kaum perempuan akan dilatih tata boga, para peserta dituntut mampu menghasilkan berbagai macam jajanan dan makanan yang nantinya bisa disalurkan ke berbagai lokasi pusat jajanan dan juga pusat kuliner yang setiap minggunya dilaksanakan di Kota Lhokseumawe.

Begitu juga untuk empat puluh peserta laki-laki akan dilatih skill otomotif pada bidang sepeda motor, para peserta akan dilatih untuk melakukan service sepeda motor matic dan motor empat tak juga selama lima hari kedepannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe A. Haris mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPR Kota Lhokseumawe T Sofianus, dirinya juga berharap agar anggota dewan lainnya bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh Ketua DPC Demokrat Kota Lhokseumawe ini, hal ini dianggap penting karena bisa membantu warga agar dapat membuka lapangan kerja minimal bagi dirinya sendiri setelah pelatihan ini.

“Kami sangat berterima kasih terutama dinas pendidikan untuk pemberdayaan masyarakat kita, yang perempuan untuk tata boga dan untuk laki-laki pelatihan pembengkelan atau servis sepeda motor, saya menginginkan agar diikuti oleh teman-teman yang lain walaupun pak T Sofianus yang memulai barangkali teman-teman yang lain dapat memberikan referensinya yang memang langsung dirasakan oleh masyarakat dan punya kearifan lokal dan kemudian untuk masa depan mereka karena selama ini kita lihat ekonomi masyarakat perlu adanya pemberdayaan“ kata A. Haris, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Kota Lhokseumawe, T Sofianus, berharap pelatihan yang akan dilaksanakan ini mampu mendongkrak ekonomi warga yang selama ini terpuruk pasca pandemi, kedepannya juga akan bekerjasama dengan dinas perindagkop untuk membina para peserta secara simultan dan berkelanjutan.

“Kegiatan yang buat ini selama 5 hari untuk pelatihan otomotif sepeda motor dan tata boga, kita ingin mensinergikan program yang pertama program pemerintah baik itu pusat maupun daerah itu lebih kepada UMKM, kita harapkan dengan adanya pelatihan ini untuk kesiapan kepada masyarakat untuk menggeluti persoalan ekonomi itu tadi. Seperti yang kita ketahui masyarakat itu perlu diarahkan, butuh bimbingan kemudian baru ada pendampingan dan bukan hanya sekedar modalnya saja tetapi arahan-arahan yang memang terarah juga dibutuhkan“ ucap T. Sofianus, Wakil Ketua DPR Kota Lhokseumawe.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments