Aceh Timur – Pujatvaceh.com – Ratusan warga Desa Buket Seuleumak, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur terisolir akibat longsor di jalan penghubung antar Desa Alue Sentang Dan Buket Seuleumak. Suparman, Sekdes Desa Alue Sentang mengatakan, longsor terjadi sejak malam hari akibat hujan lebat yang mengguyur daerah itu.

“Kejadian longsor tadi malam terjadi karena hujan turun mulai dari sore kemarin sampai malam tanpa berhenti, Lalu terjadi banjir besar dari jam 22.00 WIB sampai jam 03.00 WIB, longsor ini panjangnya antara 25 – 30 meter lebih kurang. Bupati sudah datang tadi untuk mengecek, dan sekarang Pak Bupati posisinya sedang mengecek lokasi banjir” Kata Suparman, Sekdes Alor Sentang.

Sementara itu, pemerintah Provinsi Aceh salurkan bantuan sembako untuk korban banjir di Kabupaten Aceh Timur, melalui pemerintah daerah Kabupaten Aceh Timur.

Yayan Rahmat, Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinsos Aceh mengatakan, bantuan masa panik tersebut di salurkan atas perintah Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Menurutnya, saat ini terdapat tiga daerah di Provinsi Aceh yang terendam banjir, yaitu di Kabupaten Aceh Timur, Aceh Utara dan Kota Langsa.

“Tadi malam kami mendapatkan arahan dari Bapak Gubernur melalui kepala Dinas Sosial Aceh, kami mewakili bapak kepala dinas hari ini memberikan bantuan  langsung ke pimpinan Pemkab Kabupaten, agar dapat disalurkan ke masyarakat, Dinas Sosial Aceh khususnya pemerintah Aceh hari ini sangat fokus untuk penanganan bencana banjir di lapangan, banjir ada beberapa titik yaitu Aceh Timur, Langsa Dan Aceh Utara terkena bencana banjir, jadi insya allah dari Kementerian Sosial kita akan mempersiapkan dukungan beras untuk masyarakat dan logistik pangan dan lainnya” Ujar Yayan Rahmat, Kasi PSKBA Dinsos Aceh

 Sementara itu, pemerintah kabupaten Aceh Timur salurkan bantuan masa panik hingga ke daerah terisolir. Bupati Aceh Timur H. Hasbalah HM Thaib mengatakan, hampir seluruh kecamatan di Aceh Timur terendam banjir, namun terdapat dua belas kecamatan yang paling parah terdampak banjir. selain itu, Bupati Aceh Timur mengimbau warga tetap waspada karena curah hujan masih tinggi.

Memang Aceh Timur hampir semua kecamatan terkena banjir, cuman yang parah di kecamatan Indra Makmur dan Banda Alam serta sampai 15 Kecamatan, hari ini kami sudah bisa berkunjung ke Jambo Reuhat, untuk membawa bantuan massa panik untuk warga Jambo Rehat yang terisolir, mudah – mudahan bisa bermanfaat dan banjir mudah mudahan cepat surut. Tutur H. Hasballah HM Thaib, Bupati Aceh Timur.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments