ACEH UTARA – PUJATVACEH.COM – Pusat Ibukota Kabupaten Aceh Utara terendam banjir akibat luapan krueng keureto, mengakibatkan segala aktifitas masyarakat lumpuh di kabupaten setempat hingga Minggu, (06-12-2020).
Intensitas hujan tinggi selama sepekan terakhir mengakibatkan 22  kecamatan di kabupaten aceh utara  terendam banjir. Selain sempat merendam akses jalan nasional, aktifitas pengendara dijalan lintas sempat terhambat,  segala aktifitas jual beli di pusat lhoksukon lumpuh dan perputaran ekonomi terhenti.
Ratusan rumah warga  terendam banjir  setinggi 50 hingga 80 centimeter, bahkan ada  yang mencapai satu meter lebih. Sementara banjir di kecamatan samudera mulai surut, namun hingga minggu malam dini hari  banjir meluas dan merendam  setengah kabupaten aceh utara, seperti meluas ke  kecamatan tanah pasir dan kecamatan lapang.
Berbagai bantuan masa panik pun disalurkan oleh pemerintah kabupaten aceh utara ke sejumlah kecamatan yang terdampak banjir di kawasan aceh utara.
Di kecamatan lhoksukon, penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh wakil bupati aceh utara di sejumlah titik posko untuk kebutuhan dapur umum para korban banjir. Bantuan tersebut berupa mie instan, beras, roti, minyak goreng, air mineral serta berbagai makanan ringan lainnya.
Fauzi yusuf wakil bupati aceh utara menyatakan, bantuan itu terus disalurkan karena mengingat kondisi masyarakat dan  pemkab telah menetapkan aceh utara darurat bencana, dikarenakan masih diguyur hujan dengan intensitas tinggi.
Kita sudah koordinasi dengan camat dan muspika di setiap kecamatan, kemudian dengan sejumlah puskesmas untuk mengontrol jika ada masyarakat yang sakit agar segera di evakuasi,”Kata Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf.
Sementara hingga senin dini hari banjir kawasan kecamatan samudera mulai surut. Namun banjir meluas dan berpindah ke kecamatan tanah pasir dan kecamatan lapang kabupaten aceh utara. Sementara sebagian warga lainnya masih bertahan dirumah untuk menjaga barang mereka.
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments