Aceh Tamiang – Pujatvaceh.com –  Intensitas hujan yang tinggi dan kiriman air dari hulu Aceh Tamiang membuat debit air meningkat. Hingga kini sedikitnya ada 12 kecamatan yang masih terendam banjir sejak 4 – 5 hari   yang lalu/ yakni kecamatan sekerak, kota Kuala Simpang, Tenggulun, Tamiang Hulu, Bendahara, Bandar Pusaka, Kejuruan Muda, Seruway, Karang Baru, Mayak Payed, Rantau dan kecamatan Banda Mulia.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Tamiang mencatat sedikitnya ada 130 desa di 12 Kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang yang seluruhnya terdampak banjir, menyebabkan sebanyak 2.709 KK, serta 8.126 jiwa mengungsi, dengan  lokasi pengungsian tersebar di 59 titik yang memanfaatkan fasilitas umum, juga mendirikan tenda di tempat yang aman dari banjir.

Sampai saat ini ketinggian banjir juga berbeda-beda, bahkan di beberapa titik ketinggian banjir mencapai dua meter.

Warga mengatakan, banjir memang sempat mengalami penurunan, namun debit air kembali naik. bahkan sampai hari ini kedalaman air semakin tinggi.

“Tadi pagi air sudah surut, sekarang sudah tambah lagi air banjirnya seperti kemarin. Keluarga saya mengungsi” Kata Andi, Warga.

 “Dari pagi sampai malam ini belum surut (air banjir). Kemungkinan air semakin naik kurang lebih satu meter lebih” Ujar Muhammad Haris, Warga.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments