Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Tingginya intensitas hujan sejak sepekan terakhir membuat ratusan rumah warga di 5 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat terendam banjir. Selain intensitas curah hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan karena meluapnya Sungai Woyla dan Sungai Meureubo yang tak mampu menampung debit air yang cukup tinggi sehingga terjadi banjir luapan.

Ketinggian air mencapai 1-2 meter mangakibatkan aktifitas warga lumpuh total, sebagian warga juga nekat menerobos banjir untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi mengingat ketinggian air yang semakin meninggkat. Namun sebagian warga juga masih menetap di rumah untuk menyelamatakan harta benda mereka.

Selain merendam ratusan rumah warga, banjir juga merendam fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah dan melumpuhkan akses jalan. Banjir luapan tersebut meliputi Kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo, Woyla Barat, Arongan dan Kecamatan Pante Cereumen.

Saat ini warga yang berada di desa terisolir membutuhkan suplai makanan tambahan dan perahu karet untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman.

“Banjir sudah dari jam 03.00 WIB pagi, ketinggiannya yang paling dalam 2 meter. Kita butuh seperti makanan tapi belum ada, lauk pauk untuk makan nasi juga agak susah,” kata Zamzami, warga.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan BPBD Aceh Barat, Bambang Bintor mengatakan, pihaknya telah memantau 5 kecamatan yang terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata 80 cm hingga 100 cm.

“Yang kita pantau ada 5 Kecamatan yang terdampak, ketinggian airnya dari 80 sampai 100 cm,” ucap Bambang Bintor, Kabid Kedaruratan BPBD Aceh Barat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments