LHOKSEUMAWE- PUJATVACEH.COM– Kebutuhan stok darah ditengah pandemi Covid-19 masih sangat tinggi di wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara, bahkan menjelang akhir tahun stok darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Aceh Utara sangat minim.

Untuk membantu ketersedian darah tersebut, puluhan jurnalis yang bertugas di wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara, menggelar aksi donor darah massal di Sekretariat Jurnalis Pasee, Kecamatan Banda Sakti,  Kota Lhokseumawe, Senin Siang.

Aksi sosial ini didorong oleh inisiatif para jurnalis, setelah mengetahui stok darah di UDD PMI Aceh Utara menipis sejak beberapa pekan terakhir. Prosesi donor darah tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan  menginhgat kondisi pandemi covid-19.

Rahmad YD selaku koordinator donor darah  yang bertema Aksi Peduli Bersama Jurnalis ini mengatakan, dalam aksi donor darah ini pihaknya  berharap dapat mengumpulkan seratus kantong darah lebih, untuk diserahkan kepada udd pmi aceh utara.

“Hari ini kita laksanakan, karena kita sangat prihatin, kondisi persediaan dan stok darah di UDD Aceh Utara Pada tahun ini Kosong” ungkapnya.

Aksi donor darah tersebut juga dibantu oleh personel TNI Kodim 0103 Aceh Utara, Polres Lhokseumawe, Brimob Detasemen B Jeulikat, Ibu PKK Desa Blang Panyang, masyarakat dan sejumlah komunitas yang ada di kota Lhokseumawe.

Sementara itu, Humas Unit Donor Darah Pmi Aceh Utara Fauzi Abubakar, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh para jurnalis ini untuk membantu ketersediaan stok darah dimasa pandemi Covid-19 ini.

Menurut Fauzi, pada saat pandemi covid-19 meningkat beberapa waktu lalu, stok darah yang tersedia sangat minim, karena banyak orang yang tidak ingin melakukan donor darah. namun saat pandemi mulai menurun dan masyarakat pun lebih banyak yang berobat ke rumah sakit  sehingga mengakibatkan kebutuhan darah tidak cukup.

“Menghadapi tahun baru, itu biasanya kita harus ada stok minimal 250 kantong dari berbagai jenis golongan”, ujarnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments