28.9 C
Banda Aceh
Selasa, 27 Februari, 2024
More

    Dayah Madinah Lhoksukon Sukses Gelar Wisuda Perdana, 6 Lulusan Hafidz Quran 30 Juz

    - Advertisement -spot_imgspot_img
    - Advertisement -spot_imgspot_img

    Dayah Madinah Lhoksukon Sukses Gelar Wisuda Perdana, 6 Lulusan Hafidz Quran 30 Juz

    Lhoksukon – Pujatv.com: Dayah Madinatud Diniyah Nafisatul Huda (Madinah) yang terletak di Jalan Medan – Banda Aceh, Lorong Tgk. Batee Puteh, Desa Mns. Tutong Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara sukses menggelar Wisuda Perdana. Prosesi wisuda tersebut bertempat di Dayah Kupi Desa Mns. Masjid Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara, pada Minggu (04/02/2024) .

     

    Tercatat, sebanyak 16 lulusan berhasil menyelesaikan pendidikan di Dayah Madinah, 6 lulusan diantaranya hafidz quran 30 juz. Lulusan ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Dayah Madinah kepada Negara dan bangsa tercinta dalam mewujudkan generasi qur’ani yang berakhlak mulia dan unggul dalam ilmu pengetahuan, kokoh dalam mengembankan kehidupan yang berdasarkan ajaran islam dengan faham Ahlussunnah Wal Jamaah ( Asy’ari ‘Itiqadan Asy Syafi’i Mazhaban).

     

    Pimpinan Dayah Madinah Waled Munirrudin Abdurrahman dalam pidatonya menyampaikan, atas nama Keluarga Besar Dayah Madinah, dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT, serta dengan penuh rasa bangga dan bahagia menyampaikan penghargaan dan mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan wisudawan dalam menyelesaikan pendidikan di Dayah Madinah.

    Ia menyampaikan, wisuda hari ini menjadi momentum terbaik, terutama bagi para wisudawan untuk merengkuh impian yang lebih tinggi lagi setelah menamatkan pendidikan di Dayah Madinah. Pengukuhan wisuda ini menjadi penanda bahwa wisudawan telah melewati fase pendidikan awal dan siap masuk ke fase baru, yaitu mengabdi kepada agama, bangsa, dan negara, dengan melangkah kejenjang yang lebih tinggi lagi.

     

    “Momen wisuda ini harus dilihat sebagai fase baru dalam hidup kalian, ini bukan the point of arrival, akan tetapi wisuda ini adalah the point of departure, pijakan untuk melangkah, berangkat untuk belajar lebih banyak lagi dalam mengarungi dunia kehidupan ini yang semakin kompleks dan lengkap. Tantangan yang kalian hadapi kedepan lebih berat dan sulit, orang yang berseberangan lebih banyak dan kuat, jika kalian lengah dan lalai siap-siaplah kalian remuk karenanya,” terangnya

     

    Lanjutnya, ijazah yang saudara dapatkan menjadi garansi untuk bisa mendapatkan posisi yang baik dalam dunia pendidikan berikutnya. Secara subtansial, ijazah yang saudara pegang itu membuktikan kapasitas dan kapabilitas, membuka ruang sekaligus bersaing di alam yang semakin terbuka dan mengglobal saat ini. Tentunya dengan nilai-nilai akhlak yang muliad dalam menjunjung tinggi semangat sipritualitas dan kebudayaan.

     

    “Merespon dunia global yang terus berubah tanpa batas, kalian harus menempati ruang yang indah dan bersahaja seperti yang disebutkan dalam sebuah hadist riwayat Imam Ahmad “Seabaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi sesama manusia, dan itu adalah sebuah tantangan agar kita bisa menjadi yang paling baik bagi masyarakat dan tentu saja mendapat keridhaan Allah SWT,”imbuhnya

     

    Sementara itu, Pendiri Dayah Madinah Drs. H. Syahrul Bin Abdurrahim dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan wisuda perdana hari ini, setelah Dayah Madinah diresmikan pada tanggal 27 Maret 2017 oleh Alm. Tgk. H. Muhammad Amin Bin Mahmud (Tumin) Blang Blahdeh dan Tgk. H. Muhammad Daud Bin Ahmad (Abu Daud) Lueng Angen.

     

    Lanjutnya, di awal pendirian Dayah Madinah, ia memiliki keterbatasan biaya, sehingga hanya menerima santri dengan jumlah terbatas, dengan mayoritas dari kalangan anak yatim dan fakir miskin. Untuk mendapatkan sumber dana tambahan untuk Dayah Madinah, ia kini telah mendirikan Badan Usaha Dayah yang dikenal dengan Badan Usaha Dayah Living Group, yang terdiri dari Dayah Kupi, Dayah Living dan Dayah Fried Chicken yang berlokasi di Mns. Masjid Kecamatan Syamtalira Aron dengan slogan “belanja sambil beramal”.

     

    “Alhamdulillah, atas dukungan semua pihak untuk Badan Usaha Dayah, dalam kurun waktu 6 tahun ini, Dayah Madinah telah memiliki 114 santri dari berbagai latar belakang keluarga,” terangnya.

     

    Pj. Sekda Aceh Utara Dayan Albar, S.Sos. MAP dalam arahannya menyampaikan, Pj. Bupati Aceh Utara Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si mengapresiasi atas terselenggaranya acara wisuda perdana Dayah Madinah. Atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara maupun atas nama pribadi mengucapkan selamat dan sukses kepada anak-anak santri Dayah Madinah yang hari ini diwisuda.

     

    Lanjutnya, wisuda hari ini menandakan santri-santri telah melampaui satu tahapan pendidikan yang akan menjadi tonggak penting untuk menuju ke level pendidikan berikutnya. Maka, pelaksanaan wisuda hari ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi di jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, karena Dayah ini merupakan salah satu dayah terpadu modern yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

     

    “Saya sangat optimis, keberadaan Dayah Madinah akan memberikan dampak positif terhadap pendidikan agama, serta implementasi syariat islam di Kabupaten Aceh Utara khususnya. Karena, pendidikan tidak hanya ditilik dari kemampuan menguasai IPTEK saja, akan tetapi juga perbaikan akhlak, dan IMTAQ sangat diperlukan demi masa depan generasi muda kita,” Kata Dayan

     

    Dayan berharap, Dayah Madinah sebagai lembaga pendidikan, hendaknya terus menerus melakukan penyempurnaan kurikulum. Pemberian materi pendidikan yang konkrit, aktual dan relevan, pemberian materi bahasa asing, ilmu komputer dan keterampilan hidup lainnya menjadi kebutuhan substantif yang penting.

    - Advertisement -spot_imgspot_img
    Via*
    Latest news
    - Advertisement -spot_img
    Related news
    - Advertisement -spot_img

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini