Aceh Barat – Pujatvaceh.com –  Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat hingga saat ini belum bisa melakukan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun, karena capaian vaksinasi di Aceh Barat bagi lanjut usia masih sangat rendah dan belum mencapai 60%.

Hal ini merupakan salah satu syarat yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun bisa dilaksanakan apabila vaksinasi bagi lansia sudah mencapai 60% lebih, namun saat ini di Aceh Barat mencapai baru 49%.

Dari data sementara Dinkes saat ini, capaian vaksinasi untuk dosis pertama sebanyak 109.407 orang atau 70,5%, dosis kedua 39.521 orang atau 25,5%, sedangkan untuk vaksinasi dosis ketiga sudah 1.138 orang atau 61,5%.

Syarifah Junaida, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat mengatakan, meski vaksin dosis pertama sudah mencapai 70%, namun vaksinasi terhadap anak belum bisa dilaksanakan karena capaian vaksinasi bagi lanjut usia masih dibawah 60%.

Menurutnya salah satu penyebab rendahnya capaian vaksinasi di Aceh Barat karena masih banyaknya berita hoax terkait efek vaksin sehingga masyarakat taku mengikuti vaksinasi.

“Berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan tentang pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, dengan syarat telah mencapai vaksinasi dosis 1 sampai 70%. Kini di Aceh Barat kita sudah mencapai itu, namun untuk capaian vaksinasi lansia masih rendah dari target diatas 60%,” kata Syarifah.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments