Bireuen – Pujatvaceh.com – Sejumlah barang mengalami kenaikan harga akibat kenaikan harga , salah satunya seperti cabai merah dari harga sebelumnya 80 ribu rupiah naik menjadi 120 ribu /kg, cabai rawit dari harga 25 ribu rupiah menjadi 35 ribu rupiah /kg, bawang merah dari harga 25 ribu rupiah menjadi 35 ribu rupiah /kg, sedangkan untuk bawang putih dari harga 35 ribu menjadi 40 ribu rupiah /kg.

Kenaikan ini terjadi sejak sepekan terakhir dan diperkirakan harga komuditas sayuran tersebut akan terus mengalami kenaikan. Selain faktor , kenaikan harga juga diakibatkan biaya angkutan yang mulai menyesuaikan dengan kenaikkan harga BBM.

Mukhtar, salah satu penjual mengatakan, dampak kenaikan harga sangat berpengaruh pada jumlah pembeli menurun yang mencapai hingga 60%

“Ini harga naik semua karena ongkosnya naik, ini pembelian juga drastis menurun. Paling ada pembelian sekitar 40% karena biasanya orang ambil sekilo, tapi sekarang cuma ambil seperempat,” ungkap Mukhtar, penjual cabai.

Sementara itu, harga bahan pokok yang mengalami kenaikan drastis yaitu beras, untuk beras kualitas super dari harga sebelumnya dijual dengan harga 170 ribu rupiah, kini naik menjadi 180 ribu rupiah /15 kg. Kenaikan ini juga terjadi sejak beberapa hari terakhir dan menurut pedagang kenaikan tersebut sangat berpengaruh akibat kenaikan harga BBM.

“Semua harga beras naik lima ribu rupiah, dari 170 ribu menjadi 175 ribu, pembeli juga agak sepi. Kita berharap harga barangnya jangan terlalu naik, agar tetap stabil saja,” ujar Khudri, penjual beras.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments