Aceh Barat-Pujatvaceh.com- Hampir sepekan terakhir, sejumlah harga bahan pokok di pasar induk Bina Usaha Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, terus mengalami kenaikan, terutama harga cabai merah yang naik mencapai 100 persen.

Saat ini harga cabai merah segar yang sebelumnya di jual 50 ribu rupiah,  kini naik menjadi 100 ribu per kilogramnya, sedangkan harga cabai yang sudah mulai busuk dijual dengan harga mencapai 80 ribu rupiah perkilonya.

Kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah, dari sebelumnya 30 ribu rupiah kini manjadi 55 ribu per kilogram, minyak goreng curah kini naik menjadi 32 ribu rupiah per bambunya, dari sebelumnya di jual 28 ribu rupiah per bambunya.

Sementara itu telur ayam juga mengalami kenaikan harga, yang sebelumnya dijual 40 ribu rupiah per papan, kini naik menjadi 55 ribu rupiah per papanya.

Salah satu pedagang, surya mengatakan, kenaikkan harga barang tersebut, membuat daya beli para konsumen jauh sangat berkurang, di bandingkan saat harga normal, bahkan konsumen lebih memilih membeli cabai yang mulai membusuk dari pada yang segar, karena harganya sedikit lebih murah.

“Untuk saat ini cabai memang mengalami kenaikan dengan harga 100 ribu per kilogram, sebelumnya  dengan harga 55 ribu, kenaikan ini baru sekitar seminggu belakang, sebab kita tidak ada penyetokan dari dalam semua cabai dari luar, untuk saat ini penjualnyan menurun yang biasanya orang beli per kilogram sekarang banyak yang membeli setengah kilogram” jelas surya.

Kenaikan sejumlah harga komoditas bumbu dapur ini, diduga karena tidak adanya pasokan dari petani local,  sehingga para pedagang terpaksa harus mendatangkan barang dari luar daerah dengan harga yang sangat tinggi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments