Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Harga jual beberapa jenis ikan laut segar di TPI Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir.

Kenaikan harga tersebut dipicu cuaca buruk yang menyebabkan hasil tangkapan nelayan berkurang, sehingga stok ikan segar di pasaran semakin menipis.

Minimnya pasokan ikan dari nelayan, membuat harga ikan di Meulaboh, Aceh Barat, mahal selama beberapa hari terakhir, seperti ikan dencis yang biasanya di jual dengan harga 20 ribu per kilo gram, kini menjadi 35 ribu rupiah per kilo gramnya.

Selain itu ikan tongkol sebelumnya harga 20 ribu per kilo gram, kini juga menjadi 35 ribu rupiah per kilo gramnya, selain kedua jenis ikan tersebut juga mengalami kenaikan harga.

Sementara itu, sejumlah perahu nelayan tampak ditambatkan di dermaga di kawasan aliran sungai Meureubo, nelayan yang tidak melaut hanya membenahi perahu serta memperbaiki jaring dan alat tangkap mereka.

Salah seorang pedagang ikan, Retno Wahyudi, mengatakan, kenaikan harga ikan terjadi tiga hari yang lalu, setelah perairan Aceh Barat dilanda badai dan gelombang tinggi, sehingga banyak nelayan yang enggan melaut karena cuaca buruk.

Harga ikan saat ini meningkat karena cuaca buruk sehingga nelayan tidak melaut. Harga kenaikan ikan saat ini mencapai 20% yang biasanya kami jual ikan seharga Rp. 25.000 namun sekarang ini kami jual seharga Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 kisarannya” ungkap Retno Wahyudi, Pedagang Ikan.

Akibat mahalnya harga ikan, daya beli masyarakat sangat menurun, sehingga pedagang mengalami kerugian selama beberapa hari terakhir. Meski harga ikan laut naik, namun tidak terlalu berpengaruh pada penjualan ikan air tawar, masyarakat tetap membeli ikan laut, meski harus mengurangi jumlah pembelian.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments