27.3 C
Banda Aceh
Rabu, 19 Juni, 2024

Ikut Lestarikan Lingkungan, Hakim Di Banda Aceh Tanam Mangrove

Newspaper Theme

Terkininew
Berita terkini

Newspaper Theme

Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Wujud kepedulian dalam pelestarian lingkungan hidup, hakim Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh Kelas 1A, beserta jajaran menanam sebanyak 2.000 batang mangrove di kawasan mangrove park, yang terletak diseputaran Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja, Lampulo, Banda Aceh.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Pengadilan Negeri Banda Aceh dan pihak terkait, dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh Kelas 1A, R Hendral mengatakan, penanaman mangrove tersebut merupakan sebagai wujud partisipasi para hakim dan jajaran pengadilan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

R Hendral juga juga berpesan kepada seluruh masyarakat, untuk menjaga kelestarian alam, karena hal tersebut merupakan tindakan penting dalam mempertahankan keseimbangan dan menyelamatkan alam dari dampak perubahan iklim.

“Kegiatan ini kita rencanakan semula hanya 1000, tapi tadi dari rekan pemangku akan meningkatkan menjadi 2000 yang penanamannya akan dilanjukan setelah simbolis, mudah-mudahan bisa terlaksana sebanyak 2000 dan ini dibisa dilanjutkan lagi di pengadilan negeri yang lain maupun di pengadilan agama” ujar R Hendral, Ketua PN Banda Aceh Kelas 1A.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik kegiatan yang dilakukan para hakim itu. Aliman juga menjelaskan, lokasi mangrove park sendiri merupakan bagian dari PPS Kutaraja, Lampulo.

Serta di mangrove park tersebut terdapat berbagai jenis bibit mangrove yang cocok ditanam di Provinsi Aceh.

“Di Aceh ini ada 14.000 jenis mangrove yang kita temukan yang hidup di wilayah pesisir Aceh, dan di mangrove park ini kita melakukan pembibitan 10 jenis, kita harapkan 10 jenis ini bisa hidup di kawasan mangrove park ini sehingga bukan hanya sekedar menanam juga menjadi semacam edukasi bagi anak-anak dan adek-adek kita para mahasiswa dan pihak-pihak yang ingin belajar tentang mangrove” ungkap Aliman, Kadis DKP Aceh.

Diharapkan, mangrove park nantinya bisa menjadi tempat edukasi bagi masyarakat yang ingin tahun tentang jenis-jenis mangrove atau bakau yang ada di Aceh.

Tahun Depan Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Tidak Perlu Lagi Buat Skripsi Untuk Jadi Sarjana

Lhokseumawe – Pujatvaceh.com - Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe merayakan Milad Ke-55 dengan menggelar Rapat Senat terbuka di Gedung Serbaguna pada Rabu (12/06/2024) lalu. Milad...

Yayasan Pendidikan Hafizh Cendekia Wisuda 685 Penghafal Al-Qur’an Di Banda Aceh

Banda Aceh – Pujatvaceh.com - Yayasan Pendidikan Hafizh Cendekia melaksanakan pelepasan kelulusan santri ke 9, untuk jenjang RA, MI dan MTS tahun ajaran 2023-2024,...

Gantikan Yusri, Daddy Peryoga Dilantik Sebagai Kepala OJK Aceh

Bandaaceh – Pujatvaceh.com - Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pusat, Hasan Fawzi resmi melantik Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh, menggantikan posisi...

Elemen Sipil Aceh Usung Tu Sop Jadi Wakil Muzakir Manaf Di Pilkada 2024

Sejumlah masyarakat sipil yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Aceh mendatangi Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh (DPP-PA) di Batoh, Banda Aceh,  Senin 10...

POPULERnew
Berita terpopuler